Teknologi
Minggu, 10 Juli 2016 - 11:00 WIB

TIPS SMARTPHONE : Begini Cara Hapus Virus di Ponsel Android

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - 3D Touch Android (9to5google)

Tips smartphone kali ini tentang cara menghapus virus di Android.

Solopos.com, SOLO — Sesuai namanya, smartphone merupakan ponsel pintar yang memungkinkan penggunanya melakukan banyak kegiatan melaluinya. Di balik itu semua, tak ayal smartphone, terutama Android juga bisa terinfeksi virus.

Advertisement

Bila sudah seperti ini, Anda bisa melakukan beberapa cara mudah untuk melenyapkan virus tersebut dari ponsel Android Anda. Bagaimana caranya? Berikut ini cara menghapus virus, mazar virus, dan Android malware lainnya dari ponsel dan tablet Android dari summary. sebagaimana dimuat dalam Makeusof, Minggu (10/7/2016):

Sama seperti Windows memiliki Safe Mode, Android juga memiliki fitur tersebut. Bila sistem Anda telah dipengaruhi oleh virus, Anda bisa bergantung pada hal itu. Kenapa Safe Mode? Karena, Safe Mode mematikan akses ke semua aplikasi yang diunduh pihak ketiga dan mencegah mereka menjalakan aplikasi.

Untuk boot ke dalam Safe Mode di kebanyakan Android bisa dilakukan dengan cara tekan dan tahan tombol Power hingga menunjukkan layar Power Off/Reboot. Setelah itu, tap dan tahan Power Of hingga mendapatkan prompt ke Reboot to Safe Mode. Kemudian tekan Ok. Tunggu ponsel atau tablet reboot. Pada salah satu sudut, Anda akan melihat watermark Safe Mode.

Advertisement

Meski begitu, cara ini tak selalu bekerja karena kustom produksi ROM Android mereka. Bila itu tidak bekerja, berangkatlah ke XDA Developers Forum atau forum produsen resmi Anda, dengan pencarian atau pertanyaan kemungkinan akan menunjukkan cara untuk boot ke Safe Mode perangkat.

Setelah Anda memasukkan Safe Mode, masuk ke Setting> App> Download. Pergi melalui daftar aplikasi downloaded untuk mencoba dan menemukan aplikasi berbahaya pada perangkat Android. Setelah itu, tap aplikasi dan pada screen berikutnya tap Uninstall untuk menghapusnya. Setelah menghilang, reboot ponsel Anda secara normal.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif