Jogja
Minggu, 10 Juli 2016 - 03:20 WIB

ARUS BALIK 2016 : Ribuan Pemudik Mulai Tinggalkan Gunungkidul

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Beberapa orang terlihat berfoto-foto di gawasan tugu selamat datang di kawasan Patuk. Senin (4/7/2016). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Arus balik 2016 dimulai Sabtu (9/7/2016)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Memasuki H+3 lebaran, jumlah penumpang arus balik di Terminal Dhaksinarga, Wonosari mengalami lonjakan bila dibandingkan dengan kondisi pada Jumat (8/7/2016). Kondisi ini diprediki terjadi hingga Minggu (10/7/2016).

Advertisement

Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubag TU) Unit Pelaksana Teknis Terminal Dhaksinarga Suprapto mengatakan H+3 lebaran merupakan puncak arus balik. Kondisi ini terlihat dari jumlah bus yang berangkat ke luar daerah dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya.

“Kemarin [Jumat, 8/7/2016] bus yang berangkat hanya 46 unit, namun saat ini [kemarin] ada 55 unit yang diberangkatkan dengan membawa penumpang sekitar 2.000an orang,” kata Suprapto kepada Harianjogja.com, Sabtu (9/7/2016).

Dia menjelaskan, meski ada lonjakan jumlah penumpang situasi di terminal tetap kondusif. Warga pun diminta untuk tidak khawatir karena tiket untuk arus balik masih tersedia hingga 16 Juli mendatang.
“Semua masih aman terkendali dan tiket juga masih ada,” ujarnya.

Advertisement

Kepala Bidang Transportasi Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Gunungkidul, Kuncoro Budi Santoso mengatakan meski Minggu menjadi puncak arus balik, jumlah bus yang berangkat tidak akan beda jauh dengan jumlah hari Sabtu (9/7/2016).

Secara umum, persiapan untuk arus balik berjalan lancar. Kondisi itu terlihat dari pengecekan armada bus untuk angkutan lebaran yang dilakukan oleh petugas dishubkominfo. Pegencekan yang dilakukan pada Jumat (8/7) kemarin, seluruh bus kondisinya memenuhi persyaraatan untuk jalan.

“Kami berharap para sopir tetap berhati-hati saat dijalan dan jangan ugal-ugalan,” ungkapnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif