Soloraya
Sabtu, 9 Juli 2016 - 19:30 WIB

LEBARAN 2016 : Jalan Karanganyar-Tawangmangu Macet 3 Km

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kemacetan terjadi di depan Pasar Tawangmangu, Sabtu (9/7/2016). Kemacetan di Jalur Karanganyar-Tawangmangu terjadi lebih dari 3 kilometer dari Pertigaan Somokado hingga depan Pasar Tawangmangu. (Sri Sumi Handayani/JIBI/Solopos)

Lebaran 2016 tak hanya diwarnai kemacetan di jalur. Ribuan orang menyerbu objek wisata dan menyebabkan jalan Karanganyar-Tawangmangu macet.

Solopos.com, KARANGANYAR — Arus lalu lintas dari dan menuju objek wisata maupun pasar tradisional di sejumlah wilayah di Kabupaten Karanganyar padat pada Sabtu (9/7/2016). Kemacetan panjang terjadi di jalur Tawangmangu-Karanganyar melalui Karangpandan sekitar pukul 13.00 WIB. Kendaraan dari arah Karanganyar-Tawangmangu macet sepanjang lebih dari 3 km.

Advertisement

Kendaraan berjalan perlahan tetapi lebih banyak berhenti. Kepadatan arus lalu lintas mulai dari persimpangan Somokado hingga depan Pasar Tawangmangu. Kemacetan juga terjadi di pertigaan dari Karangpandan menuju Tawangmangu dan Ngargoyoso.

Lalu lintas didominasi kendaraan milik pengunjung objek wisata dan pemudik yang akan pulang ke rumah masing-masing. Jalur Solo-Karanganyar sempat terjadi kemacetan dari depan warung soto di Papahan hingga perempatan Papahan. Setelah itu, lalu lintas lancar tetapi jalan raya padat kendaraan roda dua maupun roda empat.

Saat awak Solopos.com menjajal jalur Matesih-Tawangmangu sekitar pukul 11.00 WIB, arus lalu lintas lancar dan kecepatan kendaraan mencapai 60 km/jam lebih. Namun, arus lalu lintas dari arah berlawanan atau dari Tawangmangu-Karanganyar didominasi kendaraan roda empat berpelat nomor luar kota, seperti B, DK, AE, L, dan lain-lain. Pengendara yang menggunakan jalur Matesih menuju ke Tawangmangu harus berhati-hati karena jalan sempit dan tidak rata.

Advertisement

Kemacetan terlihat di pertigaan dekat Mapolsek Tawangmangu. Sejumlah petugas dari Polsek Tawangmangu, Polres Karanganyar, Dishubkominfo Karanganyar, Satpol PP, dan sukarelawan lainnya mencoba mengurai kendaraan yang menumpuk di sekitar pertigaan.

Laju mobil tersendat hingga depan Pasar Tawangmangu, tetapi sepeda motor lancar. Petugas mengarahkan pengendara sepeda motor melaju pada sisi kiri. Selain itu, petugas juga mengatur kendaraan yang hendak masuk maupun keluar dari pasar.

Kapolsek Tawangmangu, AKP Riyanto, menyampaikan kepadatan arus lalu lintas terjadi di sejumlah objek wisata dan pasar tradisional. “Pertigaan Taman Balekambang, Pasar Tawangmangu, Terminal Tawangmangu, depan Kelurahan Tawangmangu, dan lain-lain. Itu titik macet. Kami tempatkan personel di situ,” kata Riyanto di Pos Pengamanan (Pospam) Tawangmangu, Sabtu.

Advertisement

Riyanto menerima laporan dari pengelola objek wisata bahwa pengunjung melonjak beberapa kali lipat. Dia menyebutkan bahwa pengunjung Taman Balekambang mencapai 10.000 orang pada Jumat, Grojogan Sewu sebanyak 13.000 orang pada Jumat, Sekipan di atas 5.000 orang, Cemoro Kandang sekitar 6.000 orang. Dia mengantisipasi kemacetan di sekitar objek wisata dengan menerjunkan lebih banyak personel.

Riyanto mengungkapkan kepadatan arus lalu lintas di Tawangmangu terjadi sejak Kamis (7/7/2016). Petugas jaga berhasil mengurai kemacetan pada pukul 16.30 WIB. Kemacetan kembali terjadi pada Jumat (8/7/2016) dan baru berhasil diurai pada pukul 21.00 WIB.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif