News
Sabtu, 9 Juli 2016 - 23:30 WIB

LEBARAN 2016 : Arus di Tol Soker Meningkat, Kendaraan Sempat Menumpuk di Jl. Adi Soemarmo

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi jalan tol di kawasan Gondangrejo, Karanganyar. (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Lebaran 2016 mencapai puncak arus balik. Tol Soker menjadi salah satu jalur dan menyebabkan penumpukan kendaraan di Jl. Adi Soemarmo.

Solopos.com, KARANGANYAR — Volume kendaraan arus balik via tol Solo–Kertosono (Soker) dari pintu masuk Sragen menuju pintu keluar Klodran, Colomadu, Karanganyar, meningkat tajam, Sabtu (9/7/2016). Tidak ada kemacetan di sepanjang tol, namun terjadi penumpukan kendaraan di Jl. Adi Soemarmo yang merupakan jalur utama dari pintu keluar tol menuju kota tujuan arus balik.

Advertisement

Penumpukan kendaraan hampir 1 km ke arah timur dan barat dari pintu keluar Tol Soker di Klodran. Hal ini terjadi setiap kali mobil arus balik keluar dari pintu tol. Untuk memperlacar lalu lintas, anggota jaga Pos Pengamanan (Pospam) Klodran dari Polres Karanganyar memberlakukan sistem buka tutup jalan.

Kapospam Klodran, AKP Joko Haryoto, Sabtu, mengatakan kepadatan arus balik terjadi setiap pukul 09.00 WIB hingga sekitar pukul 12.00 WIB. Sedangkan jumlah pengguna jalan kali ini meningkat hingga 30% dibandingkan saat arus mudik kemarin. Ia memprediksi volume kendaraan kembali meningkat pada puncak arus balik, Minggu (10/7/2016), dan baru normal pada Rabu (13/7/2016).

Ada enam orang dalam satu regu yang disiagakan untuk mengatur lalu lintas selama arus mudik dan balik. Salah satunya bertugas menjaga pintu keluar tol yang menerapkan sistem buka tutup jalan untuk mengurai kesemrawutan. Pintu masuk tol hanya dibuka mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Advertisement

Petugas memberlakukan sistem satu jalur dari Sragen–Solo dengan dua lajur per Jumat (8/7/2016). Sebelumnya, petugas hanya memberlakukan satu lajur di satu jalur dari Solo–Sragen dengan waktu operasional yang sama.

Berdasarkan catatan dari Solo Ngawi Jaya (SNJ) selaku operator Tol Soker volume kendaraan arus balik terus meningkat. Setiap hari, jumlah kendaraan bisa mencapai 3.600 unit yang melintas dari arah Sragen ke Solo, lebih tinggi dari arus mudik yang hanya sekitar 2.500 kendaraan per hari. Sementara itu, jumlah pengguna jalan yang melintas hingga, Sabtu pukul 12.30 WIB mencapai 2.065.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif