Pialaeropa
Sabtu, 9 Juli 2016 - 13:00 WIB

FINAL PIALA EROPA 2016 : Sejarah Head To Head Portugal Vs Prancis

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Eksekusi penalti Ronaldo membuka kemenangan Portugal. (JIBI/Reuters/Yves Herman)

Portugal vs Prancis akan tersaji di final Piala Eropa. Bagaimana sejarah pertemuan pertemuan mereka?

Solopos.com, PARIS — Portugal dipastikan bertemu tuan rumah Prancis di final Piala Eropa 2016. Laga final akan digelar di Stade de France, Paris, dan disiarkan langsung RCTI, Senin (11/7/2016) pukul 02.00 WIB.

Advertisement

Dalam sejarah pertemuan Portugal dan Prancis telah bertemu sebanyak 24 kali dan 18 di antaranya sukses dimenangi Le Bleus. Sedangkan Portugal hanya bisa menang lima kali dan satu laga lain berakhir imbang,

Dalam 24 kali head to head, Portugal vs Prancis hanya bertemu tiga kali di turnamen besar, yakni di Euro 1984, Euro 2000, dan Piala Dunia 2006. Dalam tiga laga di turnamen besar itu, Prancis sukses memenangi laga atas Portugal.

Di Euro 1984, Prancis vs Portugal tersaji di semfiinal. Les Blues sukses menang dengan skor 3-2 setelah  J Domergue mencetak dua gol dan Michel Platini mencetak satu gol melalui babak perpanjangan waktu 120 menit.

Advertisement

Prancis yang menjadi tuan rumah Euro 1984 sukses menjadi juara kemudian menjadi juara di setelah menundukkan Spanyol dengan skor 2-0 berkat gol yang dicetak Michel Platini dan Bellone.

Di turnamen Euro 2000, Prancis kembali berjumpa Portugal di semifinal. Prancis berhasil lolos ke final setelah Henry dan Zinedine Zidane mencetak gol dan membawa Ayam Jantan menang 2-1 atas Portugal.

Di Piala Dunia 2006, gol tunggal Zinedine Zidane membawa Prancis menang 1-0 atas Portugal di semifinal. Sayang di final Les Blues harus kalah dalam drama adu penalti melawan Italia. Untuk laga final Piala Eropa 2016 kali ini Prancis kembali diunggulkan meraih kemenangan atas Portugal.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif