Soloraya
Jumat, 8 Juli 2016 - 00:30 WIB

INFRASTRUKTUR WONOGIRI : Sejumlah Ruas Jalan Diusulkan Diperlebar

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kepadatan lalu lintas sempat terjadi di jalur Wonogiri-Ngadirojo, Kamis (7/7/2016). Pemerintah kabupaten berharap ada prlebaran jalan di beberapa ruas termasuk ruas Wonogiri-Ngadirojo untuk mengantisipasi kemacetan. (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Infrastruktur Wonogiri, jalan provinsi di Wonogiri diusulkan diperlebar.

Solopos.com, WONOGIRI–Sejumlah ruas jalan provinsi di Wonogiri diusulkan untuk dilebarkan dan ditingkatkan. Alasan diusulkan pelebaran tersebut untuk mengantisipasi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

Advertisement

Jalur-jalur tersebut di antaranya adalah jalur Wonogiri-Ngadirojo-Purwantoro, jalur Wonogiri-Pracimantoro, jalur Nguter-Krisak dan jalur Giriwoyo-Baturetno. Menurut Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Wonogiri, Ismiyanto, jalur-jalur tersebut telah diusulkan kepada pemerintah provinsi untuk dilebarkan dan ditingkatkan. “Semua sudah kami usulkan. Kami berharap pada 2017 nanti ada yang direalisasikan,” kata dia.

Namun dia mengatakan saat ini sudah ada beberapa lokasi dari jalur-jalur tersebut yang telah dilebarkan. Salah satunya adalah jalur Wonogiri-Pracimantoro. Di jalur tersebut, tepatnya di depan Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) telah selesai dikerjakan pertengahan tahun ini. Sekitar satu kilometer jalan di depan WGM sudah dilebarkan sekitar dua meter.

Ismiyanto mengatakan di beberapa lokasi lain untuk jalur Wonogiri-Praci juga sudah mulai ada pengerjaan. Meskipun baru berupa cor di sisi jalan yang mau dilebarkan. “Kemudian untuk jalur Baruretno juga sudah mulai pengerjaan,” kata dia.

Advertisement

Peningkatan dan pelebaran jalan tersebut diharapkan mampu mengurangi kemacetan dan angka kecelakaan lalu lintas. Sebab selain sempit, beberapa ruas juga bergelombang sehingga rawan terjadi kecelakaan.

Dia mengatakan pelebaran jalan yang dilakukan di depan WGM juga merupakan usulan dari Pemkab Wonogiri. Sebab jalur tersebut dinilai rawan kemacetan. Terlebih pada saat musim lebaran dan hari-hari liburan. Pada hari-hari tersebut banyak wisatawan yang berkunjung ke Objek Wisata WGM, sehingga memungkinkan terjadi penumpukan kendaraan di lokasi tersebut.

Berdasarkan pantauan di lapangan pada Kamis (7/7/2016), arus lalu lintas di depan WGM lancar. Di sisi lain kepadatan kendaraan justru terlihat di beberapa lokasi di jalur Wonogiri-Ngadirojo. Lokasi tersebut di antaranya di Jembatan Jurang Gempal, Pokoh (Wonogiri), di wilayah perbatasan Wonogiri-Ngadirojo, dan di sekitar perempatan Ngadirojo.

Advertisement

Sementara itu berdasarkan kajian Satlantas Polres Wonogiri, jalur Wonogiri-Ngadirojo merupakan jalur rawan kecelakaan. Menurut Kapolres Wonogiri, AKBP Ronald Refle Rumondor, melalui Kasatlantas, AKP Sri Anggono, jalur rawan kecelakaan lalu lintas di Wonogiri ada di jalur Wonogiri-Ngadirojo, tepatnya dari wilayah Pokoh hingga persimpangan Ngadirojo.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif