Soloraya
Kamis, 7 Juli 2016 - 19:15 WIB

WISATA SOLO : 2 Hari Libur Lebaran, Balekambang Sudah Raup 5.000 Pengunjung

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengunjung Taman Balekambang menikmati sajian musik campursari dalam rangkaian acara Bakdan Ing Balekambang, Kamis (7/7/2016). (Chrisna Chanis Cara/JIBI/Solopos)

Wisata Solo, pengelola Taman Balekambang sudah meraup 5.000 pengunjung selama dua hari Lebaran.

Solopos.com, SOLO–Ribuan pengunjung memadati Taman Balekambang selama libur Lebaran, Rabu-Kamis (6-7/7/2016). Pengelola objek wisata menargetkan kunjungan hingga 15.000 orang selama acara Bakdan Ing Balekambang yang berakhir Minggu (10/7/2016).

Advertisement

Pantauan Solopos.com, Kamis, sebagian pengunjung asyik menikmati panggung campursari yang diisi musisi Soloraya. Tak hanya orang dewasa, sejumlah anak asyik berjoget mengikuti lagu. Beberapa pengunjung menggelar tikar untuk menikmati hiburan sambil bersantai.

Di sekeliling taman, sejumlah stan mainan dan makanan juga menjadi pilihan. Ada pula warga yang hanya menikmati keasrian taman sambil bercengkerama. Pengunjung dikenakan tiket masuk Rp6.000 di Bakdan Ing Balekambang.

Pemilik Windan Sejahtera selaku pelaksana acara, Thomas Garth, melihat ada peningkatan jumlah pengunjung yang signifikan di libur Lebaran hari kedua. Hingga Kamis siang, pengunjung diperkirakan mencapai 3.000 orang.

Advertisement

“Sampai sore nanti kami prediksi bisa tembus 4.000 orang. Di hari pertama Lebaran kemarin, pengunjung cuma 1.000 orang. Mungkin hari itu warga masih sibuk bersilaturahmi,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di Taman Balekambang.

Thomas mengatakan pengunjung Bakdan Ing Balekambang bervariasi mulai warga lokal hingga pemudik dari Jakarta hingga Surabaya. Namun dia melihat mayoritas pengunjung masih didominasi wisatawan Soloraya seperti Solo, Boyolali dan Sukoharjo.

“Rata-rata dari daerah pinggiran Solo. Mereka mencari hiburan murah meriah tapi tetap nyaman,” ucapnya.

Advertisement

Meski baru meraup 5.000 pengunjung hingga hari kedua, Thomas optimistis mampu mencapai target 15.000 pengunjung di lima hari penyelenggaraan acara. Di akhir pekan, Bakdan Ing Balekambang menyimpan acara yang layak ditunggu seperti tembang kenangan, fragmen Ki Ageng Pemanahan, tembang Iwan Fals hingga pertunjukan artis multitalent Sarini.

Seorang pengunjung dari Sekip, Kadipiro, Sri Suyanti, 28, mengaku menikmati hiburan campursari di Taman Balekambang. Bersama delapan anggota keluarganya, dia menggelar tikar di depan panggung. “Kalau libur Lebaran memang sering ke Balekambang. Banyak acara. Tiketnya juga lumayan terjangkau,” ujarnya.

Pengunjung lain dari Boyolali, Sarmanto, 45, memilih Taman Balekambang karena lingkungannya masih asri. Dia bersama keluarga juga senang menaiki wahana permainan yang ada di Balekambang. “Di sini komplit dan tidak terlalu jauh dari Boyolali,” ucapnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif