Jogja
Kamis, 7 Juli 2016 - 06:20 WIB

LEBARAN 2016 : Permudah Penumpang KA, Mesin Check In Mandiri Dipersiapkan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas membantu seorang calon penumpang dengan mesin CIM di Stasiun Tugu, Jogja, beberapa waktu lalu. (Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja)

Lebaran 2016 sejumlah layanan dipersiapkan untuk kenyamanan penumpang.

Harianjogja.com, JOGJA — Manajer Humas PT KAI (Persero) Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengungkapkan, PT KAI menetapkan masa angkutan Lebaran  selama 24 hari pada 24 Juni hingga 17 Juli 2016. Arus mudik diperkirakan mengalami puncaknya pada Sabtu (2/7/2016) dan puncak arus balik pada  Minggu (10/7/2016).

Advertisement

Untuk mempermudah para penumpang dalam melakukan proses check in, PT KAI sudah menyiapkan mesin check in mandiri (CIM) di beberapa titik sejak 13 Juni 2016. Mesin ini menggantikan fungsi mesin cetak tiket mandiri (CTM). Saat ini mesin ini sudah ada di empat stasiun besar seperti Solo Balapan, Purwosari, Lempuyangan, dan Tugu.

“Saat ini, yang sedang digarap ada di Stasiun Klaten, Wates, Jenar, Salem. Rencananya, mesin ini akan tersedia di semua stasiun untuk mempermudah penumpang,” kata dia.

Penumpang bisa menggunakan CIM 12 jam sebelum keberangkatan hingga 10 menit menjelang keberangkatan. Waktu yang dibutuhkan juga lebih pendek dibandingkan CTM yakni hanya perlu waktu tiga hingga lima detik. Ketika menggunakan CTM waktu yang diperlukan bisa sampai 27 detik.

Advertisement

Untuk PT KAI sendiri, keberadaan CIM ini bisa memberikan penghematan karena kertas yang digunakan lebih tipis dan kecil. Selain itu, hal ini lebih aman dari tindakan pencurian tiket seperti yang pernah terjadi. “Lebih cepat, aman, dan nyaman untuk penumpang,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif