Jogja
Kamis, 7 Juli 2016 - 04:20 WIB

KULINER JOGJA : Coklat Yogya, Jajanan Kekinian Jadi Oleh-Oleh Mahasiswa

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Coklat Yogya (JIBI/Harian Jogja/dok)

Kuliner Jogja berikut oleh-oleh unik yang dapat jadi alternatif.

Harianjogja.com, JOGJA — Coklat mungkin bukan makanan asli Indonesia. Namun, bahan baku ini mencoba ditampilkan berbeda sebagai kudapan ringan yang manis. Coklat Yogya, terinspirasi jajanan anak-anak menjadi salah satu makanan kecil yang digemari oleh anak muda. Bahkan, banyak dibawa para mahasiswa Jogja dari luar kota untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga.

Advertisement

Coklat Yogya yang kali pertama berproduksi awal tahun 2016 ini mencoba menawarkan camilan unik berbahan baku coklat dan aneka camilan yang dikemas dalam wadah berbentuk mini toples dan tak jarang snack ini dikenal dengan nama choco jar. Meski masih dijual secara online lewat akun Instagram, @coklat_yogya, namun peminat makanan ringan ini juga berasal dari berbagai kota di Indonesia.

“Konsumen kami kebanyakan anak SMA dan mahasiswa. Karena mungkin menurut mereka makanan ini unik,” ujar Siska Humaira pemilik Coklat Yogya.

Sejak awal berdiri, pesanan jajanan kekinian ini terus menarik banyak pembeli. Meski makanan yang dikemas unik dengan mini toples semakin banyak dipasaran, bahkan dibanjiri produk dari luar kota, namun snack ini masih menarik banyak pembeli asal Jogja. Jogja gudangnya bisnis kuliner, karena kota wisata ini selalu menawarkan aneka jenis oleh-oleh baru.

Advertisement

Menjelang puasa, Siska mengaku pesanan semakin meningkat. Akhir Mei lalu, coklat unik ini dipesan hingga ribuan botol dalam satu bulan. Harga yang dijual hanya berkisar mulai dari Rp10.000 sampai Rp20.000 per botol. “Selain ada reseller, banyak juga pelanggan yang beli untuk bingkisan oleh-oleh untuk dibawa ke kampung halaman,” imbuh Siska.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif