Soloraya
Kamis, 7 Juli 2016 - 18:15 WIB

INFO MUDIK 2016 : Puncak Arus Balik di Sukoharjo H+3 Lebaran

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kondisi arus lalu lintas di Simpang Empat Kartasura ramai lancar pada sehari menjelang Lebaran atau H-1 Lebaran, Kamis (16/7/2015). (Bony Eko Wicaksono/JIBI/Solopos)

Info mudik 2016, puncak arus balik di Bundaran Kartasura pada H+3 Lebaran.

Solopos.com, SUKOHARJO–Arus balik Lebaran yang melewati Bundaran Kartasura diprediksi terjadi pada Sabtu-Minggu (9-10/7/2016) atau H+2 dan H+3. Sebagian pegawai kantoran dan pegawai negeri sipil (PNS) bakal kembali menjalani rutinitas kerja mulai Senin (11/7/2016).

Advertisement

Pantauan Solopos.com di sekitar Bundaran Kartasura, Kamis (7/7/2016), arus lalu lintas dari Jogja-Solo maupun Solo-Semarang ramai lancar. Tak terjadi penumpukan kendaraan bermotor seperti saat arus mudik Lebaran pada beberapa hari lalu. Mobil pribadi pemudik yang hendak menuju kampung halaman memang masih berseliweran. Jumlahnya tak begitu signifikan dibanding saat beberapa hari sebelum Lebaran.

Puncak arus balik diperkirakan terjadi pada H+2 dan H+3 mengingat para pekerja swasta dan PNS bakal kembali bekerja pada Senin. Mereka bakal kembali menempuh perjalanan jauh menuju tanah perantauan. Para pemudik yang hendak melewati jalur pantai utara (pantura) Jawa dipastikan melewati Bundaran Kartasura.

Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Finan Sukma Radipta, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Ruminio Ardano, mengatakan berdasar analisis dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri, arus balik Lebaran diprediksi terjadi pada H+2 dan H+3. Karena itu, petugas bakal stand by 24 jam di tiga pos pengamanan (pospam) Lebaran di Kartasura.

Advertisement

“Bisa jadi puncak arus balik Lebaran terjadi pada siang hari-sore hari. Namun, tak menutup kemungkinan terjadi pada malam hari,” kata dia, saat dihubungi Solopos.com, Kamis.

Apabila terjadi penumpukan kendaraan bermotor yang memicu kemacetan parah maka petugas bakal disebar di sejumlah lokasi. Mereka bakal turun lapangan untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas. Para petugas bakal dibantu anggota organisasi kemasyarakatan (ormas) yang juga bersiaga di pospam Lebaran selama arus mudik dan balik Lebaran.

Menurut Kasatlantas, kemacetan yang terjadi dua hari menjelang Lebaran atau H-2 dipengaruhi oleh membeludaknya mobil pribadi pemudik setelah terjebak kemacetan parah di ruas jalan tol Pejagan-Brebes Timur. Mobil para pemudik berduyun-duyun menuju Solo melewati sekitar Bundaran Kartasura. Alhasil, volume kendaraan bermotor meningkat secara signifikan dibanding hari sebelumnya.

Advertisement

“Kami sudah antisipasi dengan menerapkan pengalihan arus lalu lintas saat terjadi kemacetan arus lalu lintas. Nanti, saat terjadi kemacetan arus balik Lebaran, kami juga akan menerapkan hal sama [pengalihan arus lalu lintas],” papar dia.

Hal serupa juga diterapkan di jalan raya Solo-Wonogiri tepatnya di depan Pasar Ir. Soekarno. Sejak menjelang Lebaran, kendaraan berat seperti bus dari Solo-Sukoharjo dialihkan melewati ring road utara. Begitu pula, kendaraan bermotor dari arah Wonogiri-Sukoharjo dialihkan melewati jalur alternatif di sisi selatan Pasar Ir. Soekarno.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif