Jogja
Kamis, 7 Juli 2016 - 12:55 WIB

DISTRIBUSI BBM : SPBU di Jalan Protokol Habiskan 30.000 Liter Per Hari

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Salahsatu SPBU di Jalan Kaliurang, Caturtunggal, Depok, Sleman terlihat tutup dengan menuliskan informasi bahwa BBM dalam pengiriman pada, Rabu (6/7/2016). (Sunartono/JIBI/Harian Jogja).

Distribusi BBM, tingkat konsumsi naik hingga 20%.

Harianjogja.com, SLEMAN – Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) di sejumlah Jalan Protokol wilayah DIY mampu menghabiskan hingga 30.000 liter bahan bakar minyak (BBM) dalam sehari selama libur Lebaran 2016. Peningkatan permintaan BBM terjadi antara 15% hingga 20% setiap SPBU dan diprediksi akan meningkat lagi pada puncak arus balik, Minggu (10/7/2016).

Advertisement

Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) DIY Siswanto menegaskan seluruh SPBU siap menjaga pasokan BBM selama libur lebaran agar pemudik bisa terlayani dengan baik. Jika pasokan menipis diminta segera mengajukan suplai pengiriman. Apalagi, saat libur Lebaran ini permintaan BBM sudah mulai terjadi peningkatan. Meski peningkatan belum signifikan karena diprediksi permintaan naik pada arus balik.

“Kalau stok untuk wilayah DIY sampai hari H kedua lebaran ini dan seterusnya saya kira masih aman,” terangnya kepada Harianjogja.com, Kamis (7/7/2016).

Berdasarkan pemantauannya, pada hari H kedua lebaran, Kamis (7/7) terjadi peningkatan permintaan BBM di setiap SPBU antara 15 hingga 20 persen per harinya. Peningkatan itu utamanya terjadi di sejumlah SPBU yang berada di Jalan Protokol atau Jalan Nasional yang dilalui pemudik.

Advertisement

Sejumlah SPBU di Jalan Protokol selama arus mudik berlangsung, bisa mencapai 30.000 liter BBM yang dihabiskan per harinya. Padahal di hari-hari biasa, berkisar antara 20.000 hingga 25.000 liter per hari. “Semua itu tergantung posisi SPBU, untuk yang di jalan biasa, dalam arti bukan protokol selama lebaran bisa menghabiskan 25.000 liter per hari, kalau hari biasa berkisar 18.000 liter,” terangnya lagi.

Selama Lebaran, kata dia, sebagian besar SPBU di wilayah DIY buka 24 jam untuk melayani pemudik. Pihaknya juga memastikan setiap SPBU jangan sampai mengalami kekosongan sehingga pembeli tidak terlayani. Jumlah SPBU di DIY ada 96 titik, sebanyak 30 persen diantaranya berada di kawasan Jalan Protokol.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif