Lifestyle
Rabu, 6 Juli 2016 - 01:10 WIB

TIPS KESEHATAN : 8 Tips Tangkal Penyakit Seusai Lebaran

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Opor ayam ragi Wonogiri (Trianto HS/JIBI/Solopos)

Tips kesehatan memberikan tips menangkal penyakit seusai Lebaran.

Solopos.com, SOLO – Selain berkumpul bersama keluaga, momen Lebaran seringkali identik dengan makan besar. Jika tak bisa mengontrol, hal itu justru memicu timbulnya berbagai macam penyakit.

Advertisement

Karenanya, banyak orang jusru sakit setelah merayakan Lebaran. Lantas, bagaimana mencegah sakit seusai Lebaran?  Hal yang terpenting adalah membatasi makanan yang terlalu asin atau terlalu manis, minumlah air putih yang cukup.

1.Perhatikan makan dan minum terutama kualitas makanan dan minuman tersebut.
2. Perhatikan jumlah kalori dari makanan atau minum tersebut, camilan sekecil apapun kalau manis pasti mengandung kalori.
3. Usahakan hanya mengonsumsi satu macam lauk saja. Jika merasa camilan dikonsumsi lebih banyak, maka kurangi nasi saat makan besar.
4. Hindari camilan yang mengandung cokelat, keju, dan berlemak. Lemak mempunyai kalori yang lebih besar dua kali lebih banyak dari karbohidrat.
5. Banyak minum lebih dari dua liter per hari.
6. Banyak mengonsumsi buah dan sayur-sayuran diusahakan lima kali, yaitu saat makan pagi, siang dan malam, serta di sela-sela makan tersebut.
7. Tetap melakukan aktivitas olahraga atau bergerak. Jika silahturahmi bisa dijangkau dengan berjalan usahakan lakukan dengan berjalan.
8. Usahakan tidur minimal enam jam.

 

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif