Soloraya
Rabu, 6 Juli 2016 - 22:05 WIB

LEBARAN 2016 : Tak Ada Pemulung, Petugas DPU Sukoharjo Kewalahan Atasi Sampah

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas kebersihan dari Unit Kebersihan dan Persampahan DPU Sukoharjo membersihkan kertas koran dan plastik yang digunakan sebagai alas salat Idul Fitri di Alun-Alun Satyanegara, Sukoharjo, Rabu (6/7/2016).

Lebaran 2016, petugas DPU Sukoharjo kewalahan atasi sampah seusai Salat Ied.

Solopos.com, SUKOHARJO–Sampah kertas koran dan plastik berserakan di sekitar Alun Alun Satyanegara dan seputar Jalan Veteran Sukoharjo setelah Salat Idul Fitri, Rabu (6/7/2016). Membersihkan sampah bekas alas salat ini menjadi pekerjaan tahunan para petugas di Unit Kebersihan dan Persampahan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sukoharjo.

Advertisement

Tahun ini mereka kewalahan karena volume sampah meningkat dari biasanya. Ditambah tidak ada pemulung sampah yang biasa mengambil kertas dan plastik tersebut untuk dijual. Salah satu petugas di Unit Kebersihan dan Persampahan, Nardi Kadyo, Rabu, mengaku tugas mereka tahun ini cukup berat. Pemulung yang biasanya ikut memunguti sampah tidak terlihat sedari pagi. Ia dan rekan-rekannnya pun terpaksa memunguti sampah kertas dan plastik itu sendirian. Sampah yang berada di sepanjang Jalan Veteran cepat dibersihkan dengan disapu. Sementara sampah yang di alun-alun harus diambili satu per satu karena sulit disapu.

Ada sekitar 17 petugas yang dikerahkan. Semuanya bertanggung jawab memunguti sampah hingga alun-alun kembali bersih.  Kalau biasanya mereka bisa selesai dalam waktu dua jam, kali ini diprediksi bisa lebih dari tiga jam tanpa bantuan para pemulung. Sampah-sampah ini biasanya langsung dibawa mobil DPU dan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Kalau ada pemulung biasanya diambil pemulung untuk mereka jual. Kali ini tidak ada pemulung,” keluh Nardi.

Advertisement

Lebih lanjut Nardi menyayangkan sikap apatis masyarakat yang tidak mau membuang sampah bekas alas salat mereka. Kejadian seperti ini selalu berulang setiap tahun, ia berharap masyarakat semakin peduli dan sadar lingkungan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif