Jogja
Rabu, 6 Juli 2016 - 20:55 WIB

LEBARAN 2016 : Lengkapi Syarat Ini, 244 Narapidana Lapas Wirogunan Peroleh Remisi

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (prisonliaisonproject.co.uk)

Lebaran 2016, warga binaan LP Jogja mendapat keringanan hukuman

Harianjogja.com, JOGJA  – Sebanyak 244 warga binaan penghuni Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Wirogunan, Kota Jogja mendapatkan remisi khusus atau pengurangan masa hukuman dalam rangka Idul Fitri 1437 Hijriah.

Advertisement

“Sebenarnya ada 262 yang kami usulkan hanya untuk 18 warga binaan surat keputusan dari Kemenkum HAM sampai sekarang belum turun,” kata Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Wirogunan, Suherman seusai acara penyerahan SK remisi di Lapas Wirogunan Yogyakarta, Rabu (6/7/2016) seperti dikutip dari Antara.

Upacara penyerahan SK remisi dilaksanakan seusai Shalat Idul Fitri di Masjid Lapas Wirogunan. Penyerahan SK itu dilanjutkan dengan pembacaan Lampiran Keputusan Menteri Hukum dan Ham RI oleh Kepala Lapas Wirogunan.

Menurut Herman, dari 244 narapidana yang mendapatkan remisi khusus tersebut berasal dari kasus 221 pidana umum dan 23 orang kategori kasus pidana khusus.

Advertisement

Sementara dari seluruh napi yang diusulkan mendapat remisi tersebut, empat orang di antaranya memperoleh remisi khusus II atau langsung bebas.

“Dari empat narapidana yang langsung bebas, satu orang sudah bebas lebih dahulu sebelum Lebaran karena masa pidananya sudah habis sebelum Lebaran setelah dikurangi remisi dan SK-nya juga sudah turun lebih dahulu,” kata dia.

Menurut dia beberapa persyaratan yang harus dipenuhi narapidana untuk mendapatkan remisi Lebaran antara lain berkelakuan baik, tidak melanggar aturan dalam Lapas dan mengikuti semua program bimbingan yang diberikan petugas.

Advertisement

“Bagi narapidana kasus pidana khusus syaratnya harus sudah melunasi denda serta uang pengganti dan bersedia menjadi justice collaborator,” kata dia.

Ia berharap pemberian remisi tersebut dapat memberikan dorongan bagi warga binaan lainnya untuk berkelakuan baik.

“Jadi yang kami ajukan itu memang sudah kami nilai memenuhi kriteria yang dipersyaratkan,” kata Herman.

Advertisement
Kata Kunci : Lebaran 2016 Remisi Jogja
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif