Jogja
Selasa, 5 Juli 2016 - 09:20 WIB

WISATA GUNUNGKIDUL : Tiket Masuk Pindul Jadi Rp50.000 per Orang, Ini Alasannya

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wisata Gunungkidul, jasa pemandu sejumlah objek mengalami kenaikan tarif.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Tarif jasa pemandu di sejumlah objek wisata di Gunungkidul mengalami kenaikan. Beberapa objek tersebut antara lain, Gua Pindul, Gunung Api Purba dan Embung Nglanggeran.

Advertisement

Sekretaris Desa Ngelanggeran, Kecamatan Patuk, Surimin mengatakan, kenaikan tarif jasa pandu sudah dilakukan kajian yang matang. Bahkan upaya kenaikan, sudah mulai dibahas sejak satu tahun yang lalu. adapun pertimbangan untuk menaikan, pengelola menilai tarif saat ini masih terlalu rendah dan butuh penyesuaian.

“Semua sudah dikomunikasikan mulai dari pengelola, pihak desa hingga Pemkab Gunungkidul,” katanya, Senin (4/7/2016)

Surimin menjelaskan, kenaikan ini juga sebagai upaya untuk perbaikan sarana dan prasarana serta penambahan bergagai fasilitas yang dimilik, dengan harapan wisatawan bisa merasa aman dan nyaman saat melakukan kunjungan.

Advertisement

“Tarif baru ini juga sudah mulai diberlakukan,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Disbudpar Gunungkidul Saryanto membenarkan adanya kenaikan tarif untuk jasa pandu di sejumlah objek wisata. Namun kenaikan tersebut hanya berlansung sementara, karena hanya berlaku mulai 3-13 Juli mendatang.

“Semua sudah disepakati dan tinggal pelaksanaan saja,” katannya.

Advertisement

Dia menambahkan, kenaikan ini hanya terjadi di beerapa titik. Sedang secara keseluruhan banyak obyek yang tarifnya tetap. Bahkan di beberapa obyek seperti di Pantai Gesing, Girikarto, Panggang, Pantai Ngedan, Saptosari dan Embung Batara Sriten, Pilangrejo, Nglipar masih digratiskan.

“Kalau ditarik biaya jangan dikasih, kecuali itu untuk bayar parkir saja,” kata Saryanto.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif