Soloraya
Selasa, 5 Juli 2016 - 15:00 WIB

MUDIK LEBARAN 2016 : Terjebak Macet di Brebes, 6.606 Pemudik Baru Tiba di Terminal Krisak

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kondisi terminal Giri Adipura, Krisak, Selogiri pada H-1 Lebaran sepi penumpang, Selasa (5/7/2016). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)

Mudik Lebaran 2016, ribuan pemudik di Wonogiri baru tiba Senin (4/7/2016) malam.

Solopos.com, WONOGIRI–Sebanyak 6.606 pemudik Wonogiri baru tiba di Terminal Giri Adipura, Krisak, Selogiri, Senin (4/7/2016) malam atau H-2 Lebaran. Pemudik terlambat tiba di terminal akibat bus yang ditumpangi terjebak macet di Tol Timur Brebes.

Advertisement

Kepala UPTD Terminal Giri Adipura Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Wonogiri, Agus Hasto Purwanto, mengatakan prediksi puncak arus mudik di terminal adalah H-4 Lebaran. Namun, prediksi itu meleset akibat banyak kendaraan yang terjebak macet di Tol Timur Brebes.

“Pemudik yang berjumlah sekitar 10.000 orang seharusnya tiba di terminal pada H-4 Lebaran [Sabtu] malam. Karena terjebak macet di Tol Timur Brebes sampai 2 hari, pemudik ada yang baru tiba pada H-3 Lebaran dan H-2 Lebaran,” ujar Agus saat ditemui Solopos.com di kantornya, Selasa (5/7/2016).

Agus mengatakan jumlah pemudik yang masuk di terminal pada H-2 Lebaran sebanyak 6.606 orang. Sementara bus yang masuk sebanyak 231 unit.
“Keterlambatan pemudik tiba diterminal tidak hanya terjadi di Wonogiri saja tetapi juga di terminal Tirtonadi Solo,” kata dia.

Advertisement

Ia mengatakan sepeda motor sebanyak 570 unit milik pemudik yang mengikuti mudik gratis dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah diambil pemiliknya terakhir pada Selasa kemarin. Dishubkominfo Wonogiri, lanjut dia, tidak melayani pemudik gratis pada arus balik nanti. Arus balik gratis bagi pemudik hanya dipusatkan di Solo.

“Kami mengimbau bagi pemudik yang mau balik ke Jakarta mengikuti program mudik gratis untuk arus balik segera mendaftar ke Dishubkominfo Solo,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif