Jogja
Selasa, 5 Juli 2016 - 07:20 WIB

LEBARAN 2016 : 255 Lapangan Jadi Lokasi Salat Id di Bantul, Mana Saja?

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sebagian warga Bantul menunaikan sholat Idul Fitri 1435 H/2014 M di lapangan gumuk pasir Oro-oro, Kretek, Mancingan, Bantul, pada Senin (28/7/2014). Prof.Din Syamsudin bertindak selaku imam dan khotib. (Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja)

Lebaran 2016 di Bantul, ada ratusan tempat yang dipersiapkan untuk salat.

Harianjogja.com, BANTUL- Sekitar 255 titik lapangan di Bantul menjadi lokasi salat Idul Fitri pada hari raya Lebaran yang bakal jatuh 6 Juli besok. Di Masjid Agung Bantul pengelola menyiapkan tempat untuk 5.000 hingga 6.000 jamaah salat Id.

Advertisement

Humas Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bantul, Ponijo Ibnu Harto mengatakan, masing-masing kecamatan di Bantul terdapat 15 titik atau lapangan yang akan dijadikan lokasi salat Idul Fitri. Di Bantul terdapat 17 kecamatan, artinya ada sekitar 255 titik lokasi salat di seluruh wilayah.

“Itu belum termasuk yang melaksanakan salat di masjid,” terang Ponijo Ibnu Harto, Senin (4/7/2016). Di Bantul terdapat 1.500 masjid atau musala. Namun tidak seluruhnya dijadikan lokasi salat Idul Fitri. Ponijo mengatakan, hanya sebagian atau sekitar 50% dari total masjid dan musala yang dijadikan tempat pelaksanaan salat Id tahun ini.

Di antara ratusan titik tempat pelaksanaan salat tersebut, beberapa diantaranya mampu menampung jamaah hingga ribuan orang. Beberapa lokasi pelaksanaan salat yang menampung jamaah dalam jumlah besar yaitu Masjid Agung Bantul, lapangan Paseban  di depan Kantor Pemkab serta lapanganTrirenggo di depan rumah dinas bupati.

Advertisement

Waktu pelaksanaan salat antar tempat bervariasi. Mulai dari pukul 06.30 WIB serta pukul 07.00 WIB.

Pengurus Masjid Agung Bantul Suarman mengungkapkan, masjid yang ada di tengah Kota Bantul itu mampu menampung 5.000 hingga 6.000 jamaah. “Untuk bagian dalam masjid saja sekitar 1.600 meter, serambinya juga seluas itu. Belum lagi di lapangan sampai ke parkiran. Di sini bisa menampung hingga 6.000 jamaah,” papar Suarman. Pada Senin, pengelola masjid mulai menyiapkan dan membersihkan tempat yang akan dijadikan lokasi salat Idul Fitri. Pengelola juga menyiapkan khatib dan imam salat.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif