Jogja
Senin, 4 Juli 2016 - 04:40 WIB

LEBARAN 2016 : Transportasi Mudik Didominasi oleh Mobil Pribadi

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi macet musim mudik Lebaran. (JIBI/Solopos/Antara/Rosa Panggabean)

Lalu lintas jl Jogja-Wonosari sudah mulai dilalui oleh mobil pribadi

Harianjogja.com, WONOSARI– Hingga H-3 lebaran 2016 sejumlah kendaraan para pemudik mulai ramai lancar memasuki gerbang selamat datang Gunungkidul. Terpantau, kendaraan yang masuk didominasi oleh mobil pribadi.

Advertisement

Kepala Pos Pengamanan Mudik Hargodumilah, Ipda Supriyanta mengatakan sejak Jumat (1/7/2016), lalu lintas jl Jogja-Wonosari sudah mulai dilalui oleh mobil pribadi dengan berbagai macam kode huruf pada plat kendaraan yang menunjukkan dari berbagai macam daerah.

“Saat ini sudah mulai ada peningkatan arus mudik dibandingkan pada saat awal pos didirikan, yakni Kamis (30/6/2016) lalu,” kata dia saat dijumpai di pospam Hargodumilah.

Ia pun mengatakan, selain didominasi oleh mobil pribadi, bus antar kota antar provinsi juga sudah terpantau memasuki wilayah Gunungkidul. Diantaranya beberapa bus dari luar daerah seperti Jakarta.

Advertisement

Polres Gunungkidul mengerahkan sebanyak 29 personil untuk melakukan pengamanan dan pengawasan di seputar wilayah tanjakan sumprit Hargodumilah.

Selain mengawasi jalur mudik, pihak pospam juga melakukan pengawasan di sejumlah objek vital seperti bank dan toko yang berada di wilayah Patuk Gunungkidul.

Supriyanta mengatakan bahwa pospam mudik berfungsi untuk membantu para pemudik yang membutuhkan informasi, misalnya terkat dengan jalur yag harus dilalui. Namun pospam tidak dapat difungsikan sebagai lokasi peristirahatan para pemudik.

Advertisement

“Disini lokasinya tidak memungkinkan untuk dijadikan rest area, terlau sempit,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif