News
Senin, 4 Juli 2016 - 21:30 WIB

LEBARAN 2016 : 34.887 Pemudik Datang di Bandara Adi Soemarmo Solo

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bandara Adi Soemarmo Solo (Dok/JIBI/Solopos)

Lebaran 2016 diwarnai lonjakan kenaikan pemudik yang datang melalui Bandara Adi Soemarmo Solo.

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 34.887 pemudik datang melalui Bandara Adi Soemarmo hingga H-3 Lebaran atau naik 31% jika dibandingkan tahun lalu. Puncak arus mudik terjadi pada Minggu (3/7/2016) dengan kedatangan 4.484 penumpang dari berbagai daerah.

Advertisement

Staf Humas PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo, Dian Ratih Ristauri, mengatakan extra flight telah dioperasikan sejak H-6 atau Kamis (30/6/2016). Selain itu, dia mengatakan ada beberapa penerbangan yang tidak terjadwal atau unscheduled yang merupakan pesawat carter.

Pihaknya mencatat pada H-5 atau Jumat (1/7) terjadi lonjakan kedatangan penumpang yang cukup signifikan, yakni dari rata-rata kedatangan 2.000 orang-3.000 orang per hari menjadi lebih dari 4.000 orang.

“Jadwal yang tepat, waktu tempuh yang cepat membuat mudik dengan pesawat semakin diminati. Apalagi saat ini banyak maskapai yang menawarkan tiket dengan harga terjangkau sehingga dari tahun ke tahun grafik penumpang pesawat terus meningkat,” ungkap Ratih, Senin (4/7/2016).

Advertisement

Dia mengatakan Sabtu ada kenaikan penumpang sekitar 32% sedangkan kedatangan pesawat sekitar 16,7% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Namun pada Minggu terjadi penurunan penumpang 9,17% dan jumlah maskapai yang beroperasi turun 11% jika dibandingkan tahun kemarin. Hal ini dipengaruhi karena tahun sebelumnya Solo mendapat limpahan dari Surabaya akibat Bandara Juanda tidak bisa untuk take off.

Dia menjelaskan untuk pengamanan selama arus mudik dan arus balik di bandara, ada tambahan keamanan sebanyak 30 personil dari Paskhas Iswahyudi, 10 personil Pertanahan Pangkalan (Hanlan) Lanud Adi Sumarmo, lima orang polisi militer angkatan udara (POMAU) Lanud Adi Sumarmo,dan lima orang intel AU Lanud Adi Sumarmo.

Sementara itu, Corporate Communiaction Manager PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengungkapkan semua jenis kereta api (KA) mengalami kenaikan 96% jika dibandinkan tahun lalu padad Minggu. Kenaikan paling tinggi terjadi pada kereta ekonomi, yakni naik 121%.

Advertisement

“Total penumpang yang tiba di Daops VI hingga H-3 Lebaran sebanyak 173.988 orang. Perjalanan berjalan lancar dan semua KA tambahan sudah dioperasikan,” kata Eko kepada Solopos.com.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan selama arus mudik ini motor yang diangkut melalui program angkutan motor gratis melalui KA mencapai 3.500 kendaraan. Menurut dia, terdapat 735 motor yang turun di Stasiun Solo Jebres sedangkan motor yang diangkut menuju Jakarta hanya tiga motor.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif