Jogja
Senin, 4 Juli 2016 - 01:20 WIB

ATLET DIY : Satu Atlet Polo Air DIY Dicoret, Ada Apa?

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi polo air (JIBI/Harian Jogja/Antara ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Atlet DIY untuk PON mengalami perubahan.

Harianjogja.com, JOGJA — Skuat tim polo air DIY yang turun di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX mengalami perubahan. Satu atlet polo air DIY atas nama Rivan Christianto terpaksa dicoret lantaran alasan kedisiplinan. Sebagai penggantinya pelatih menunjuk Naga Pamungkas.

Advertisement

“Penunjukan itu didasarkan pada peringkat. Naga [Pamungkas] berada di peringkat persis di bawah Rivan,” kata Anggota Pembinaan Prestasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY, Andi Hirawan, Sabtu (3/7/2016) sore.

Ditambahkannya, surat pergantian atlet itu sudah diterimanya. Dengan begitu, entry by name untuk cabor polo air pun dipastikan berubah.

Sementara Pelatih Fisik Tim Polo Air DIY Arief Bakri Suryo Budilaksono menjelaskan, pencoretan itu terpaksa dilakukannya lantaran Rivan tak begitu aktif saat mengikuti program pemusatan latihan. Kabarnya, Rivan saat ini tengah disibukkan dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari kampus tempat ia kuliah.

Advertisement

“Kami berikan dia [Rivan] kesempatan untuk fokus dulu terhadap pendidikannya,” kata Arief.

Meski statusnya hanya sebagai atlet pengganti, namun Naga tetap tak bisa dianggap remeh sebagai potensi pendulang medali. Pasalnya, dalam penilaian internal, Naga yang sudah aktif di Polo Air selama 3 tahun terakhir itu berada di urutan ke-14. “Ini adalah PON pertama bagi Naga. Semoga bisa menambah jam terbangnya,” tambah Arief.

Seperti diketahui, di ajang PON XIX, DIY diperkuat oleh dua tim polo air. Tim pertama adalah tim putri yang diperkuat oleh 13 orang atlet peserta Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) reguler. Sedangkan tim kedua adalah tim putra yang diperkuat oleh 13 orang atlet berstatus mandiri.

Advertisement

Selama Ramadan, tim polo air DIY menggelar latihannya setiap hari kecuali Minggu, dengan pembagian program latihan tiga hari di darat selama 2,5 jam, dan tiga hari di kolam selama lima jam.

“Terakhir latihan digelar pada Senin [4/7/2016], lalu libur Lebaran, dan mulai latihan lagi pada Minggu [10/7/2016]. Latihan darat [akan jadi latihan perdana],” pungkas Arief.

Advertisement
Kata Kunci : Atlet Diy Pon 2016
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif