Sport
Minggu, 3 Juli 2016 - 12:00 WIB

FORMULA ONE 2016 : Start dari P-18, Finish di Urutan Berapa Rio Haryanto?

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mobil Rio Haryanto saat masuk pit stop di lap 18 GP Shanghai, Minggu (17/4/2016). (Istimewa/@ManorRacing)

Formula One 2016 kembali berlanjut di Sirkuit Red Bull Ring hari ini. Rio Haryanto membalap dari urutan 18.

Solopos.com, SPIELBERG — Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, berpeluang merebut kembali podium utama Grand Prix (GP) Austria dari rekan satu timnya, Nico Rosberg.

Advertisement

Hamilton bakal memulai balapan di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, Minggu (3/7/2016), dari posisi terdepan. Pembalap berdarah Inggris itu mencatatkan waktu tercepat 1 menit 7,922 detik untuk meraih pole position pada sesi kualifikasi, Sabtu (2/7/2016) malam WIB.

Sebenarnya, Rosberg berhasil menghuni peringkat kedua dengan selisih 0.543 detik dari Hamilton. Namun, dia harus memulai balapan dari urutan ketujuh karena terkena hukuman penalti mundur lima grid gara-gara mengubah gearbox yang memicu tabrakan keras di latihan bebas ketiga. Hukuman yang menimpa Rosberg membuat pembalap Force India, Nico Hulkenberg, dan pembalap McLaren, Jenson Button, berhak bergabung bersama Hamilton di baris terdepan.

Pada sesi kualifikasi yang penuh drama, Hulkenberg berhasil menghuni peringkat ketiga dengan catatan waktu satu menit 9,285 detik. Sementara itu, pembalap Ferrari, Sebastian Vettel mengekor di urutan keempat dengan jarak 0,496 detik disusul Button di posisi kelima. Namun, Vettel juga terkena penalti sehingga memberi tempat bagi Button di baris terdepan untuk balapan, Minggu sore.

Advertisement

“Saya menyukai kondisi ini, bisakah kami mendapatkan hal seperti ini di setiap balapan!” ujar Button, seperti dilansir skysports.com, Sabtu.

Button masih berpeluang meraih tempat lebih baik pada posisi starting grid karena Hulkenberg juga terancam hukuman penalti. Hulkenberg sedang diinvestigasi lantaran tidak memperlambat laju mobilnya saat bendera kuning safety car dikibarkan. Akan tetapi, keamanan di Red Bull Ring juga dipertanyakan sepanjang sesi kualifikasi setelah Daniil Kvyat mengalami kecelakaan. Sirkuit milik Red Bull itu dinilai sangat berbahaya.

Sementara itu, pembalap Indonesia, Rio Haryanto, menghuni posisi ke-18 setelah tereliminasi pada sesi kualifikasi pertama dengan catatan waktu satu menit 8,026 detik. Rekan satu timnya, Pascal Wehrlein, meraih tempat lebih baik, yakni di posisi ke-12.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif