Soloraya
Sabtu, 2 Juli 2016 - 19:15 WIB

ZAKAT KARANGANYAR : Baznas Salurkan 23,5 Ton Beras ke Rumah 4.7000 Penerima Zakat

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo (kanan), memberangkatkan truk pengangkut zakat fitrah dari halaman Masjid Agung Kabupaten Karanganyar ke 16 kecamatan di Karanganyar, Sabtu (2/7/2016). (Sri Sumi Handayani/JIBI/Solopos)

Baznas Karanganyar menyalurkan 23,5 ton beras.

Solopos.com, KARANGANYAR – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karanganyar membagikan 23,5 ton beras kepada 4.700 orang penerima zakat melalui lembaga atau yayasan di 16 kecamatan di Kabupaten Karanganyar, Sabtu (2/7/2016).

Advertisement

Penerima zakat tidak perlu mengantre. Lembaga maupun yayasan di setiap kecamatan bertanggung jawab mengantarkan zakat ke rumah setiap penerima zakat. Sementara itu, satu kecamatan, yaitu Ngargoyoso tidak meminta zakat fitrah dari Baznas Kabupaten Karanganyar tahun ini.

Baznas menerima zakat fitrah dari 8.974 orang. Mereka adalah pegawai negeri sipil (PNS) di tingkat kabupaten dan kecamatan, guru, dan lain-lain. Total dana yang terkumpul adalah Rp225.060.000. Setiap muzaki membayar Rp25.000 untuk harga beras Rp10.000 per kilogram.

“Ada 209 lembaga, takmir, panti, dan kelompok yang mengajukan permohonan bantuan zakat fitrah.

Advertisement

23,5 ton kami distribusikan kepada mereka lalu dibagikan ke 4.700 orang. Langsung ke rumah dan enggak boleh diambil di masjid,” kata Wakil Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Kabupaten Karanganyar, Iskandar, saat ditemui wartawan di Masjid Agung Kabupaten Karanganyar, Sabtu (2/7/2016).

Iskandar berharap seluruh zakat fitrah sudah sampai ke rumah penerima zakat pada Minggu (3/7/2016) atau Senin (4/7/2016). Iskandar menyampaikan satu kecamatan, yaitu Ngargoyoso tidak mengajukan permohonan bantuan zakat fitrah kepada Baznas Kabupaten Karanganyar. Menurut dia, kali pertama Ngargoyoso tidak meminta bantuan.

“Dua tahun lalu meminta bantuan. Kemungkinan masjid di setiap kampung sudah bisa mencukupi kebutuhan sehingga tidak mengajukan bantuan,” ujar dia.

Advertisement

Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, memberangkatkan tiga truk berisi beras yang akan didistribusikan kepada 4.700 penerima zakat di 16 kecamatan di Karanganyar. Rohadi menanggapi satu kecamatan tidak mengajukan permohonan.

“Menandakan di Ngargoyoso sudah ada perbaikan kesejahteraan. Semoga zakat yang dibagikan bermanfaat,” ujar dia.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif