Teknologi
Sabtu, 2 Juli 2016 - 23:00 WIB

TIPS INTERNET : Begini Cara Hapus Jejak Informasi di Dunia Maya

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi ujian berbasis Internet (forgetoday.com)

Tips Internet kali ini tentang cara menghapus jejak atau informasi di dunia maya.

Solopos.com, SOLO — Kehidupan di dunia maya memang membuat banyak orang di dunia dapat saling terhubung. Namun, tak sedikit merasa eksistensi di dunia maya juga terkadang membuat kita merasa tak aman.

Advertisement

Bila tak ingin informasi pribadi tersebar luas di dunia maya, Anda dapat menghilangkan jejaknya. Akan tetapi, hal ini tak semudah yang Anda bayangkan.Anda harus mengikuti beberapa langkah-langkah. Berikut ini lima cara mengurangi jejak informasi dari pencarian Internet seperti dikutip dari Cnet, Sabtu (2/7/2016):

1. Hapus Akun

Advertisement

1. Hapus Akun

Coba sebutkan, berapa banyak akun yang Anda punya saat ini? Setidaknya pasti memiliki akun media sosial terpopuler seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, hingga akun belanja online atau e-commerce.

Bila ingin undur diri dari kehidupan dunia maya, dapat memulainya dengan menghapus akun-akun media sosial, e-commerce, hingga blog. Di media sosial misalnya, setiap layanan memiliki opsi untuk menonaktifkan akun pengguna. Opsi ini tersedia di menu Settings, Security, atau Privacy.

Advertisement

Opsi lainnya, Anda dapat menggunakan jasa DeleteMe atau Abine.com untuk menghapus berbagai milik akun. Layanan ini akan mengumpulkan informasi yang tersebar di Internet. Namun, untuk menggunakan layanan ini, Anda akan dikenakan biaya mulai dari US$130 atau Rp1,7 juta.

3. Hapus Hasil Pencarian Tentang Kamu

Hasil pencarian ini termasuk dari mesin Yahoo, Bing, atau Google. Untuk menghapus segala hasil pencarian tentang Anda, Google memiliki tools untuk melakukannya di sini.

Advertisement

4. Hapus Akun Email

Proses menghapus akun email bergantung pada jenis email yang Anda miliki. Namun, Anda harus masuk ke akun terlebih dahulu dan pilih opsi delete dan close akun email yang dimiliki.

Beberapa akun akan tetap aktif selama beberapa waktu untuk memungkinkan Anda mengaktifkannya kembali di kemudian hari yang terpenting adalah proses ini tidak akan rampung dalam satu hari saja. Dengan begitu, Anda harus bersabar untuk mengetahui hasilnya.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Tips Internet
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif