Pialaeropa
Sabtu, 2 Juli 2016 - 09:30 WIB

PREDIKSI JERMAN VS ITALIA : Duel Penjaga Gawang Terbaik, Sweeper Vs Superman

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Buffon dan Neuer (Gazetta)

Prediksi Jerman vs Italia menyebut adanya duel Manuel Neuer dan Gianluigi Buffon.

Solopos.com, BORDEAUX — Mana yang lebih hebat? Gianluigi Buffon atau Manuel Neuer? Yang jelas kedua kiper kelas dunia tersebut belum pernah kebobolan ketika beradiri di bawah mistar gawang masing-masing selama Piala Eropa 2016.

Advertisement

Banyak pihak membicarakan pertahanan solid Italia selama di Prancis. Namun jangan lupa, Jerman juga memiliki benteng pertahanan yang tangguh. Tim besutan Joachim Low bahkan menjadi satu-satunya kontestan yang belum pernah kebobolan di Piala Eropa2016.

Rentetan keperawanan gawang Jerman tersebut tidak bisa dilepaskan dari sosok Manuel Neuer. Kiper Bayern Munchen tersebut memberi peran besar atas clean sheet tim juara dunia tersebut sejak fase grup hingga babak 16 besar. Kiper berjuluk Sweeper Keeper tersebut akan mendapat peran besar untuk membawa Jerman  mencetak gol tanpa kebobolan dalam lima laga beruntun untuk kali pertama sejak 108 tahun, termasuk ketika mengalahkan Hungaria 2-0 dalam laga pemanasan sebelum Euro.

Namun, Neuer akan mendapatkan pesaing ketika timnya bertemu dengan Italia pada babak perempat final di Stade Matmut-Atlantique, Bordeaux, Minggu (3/7/2016) pukul 02.00 WIB. Dia tidak lain adalah Gianluigi Buffon yang sudah berkarier selama 20 tahun.

Advertisement

Kiper Juventus itu juga belum pernah kebobolan ketika dipasang di bawah mistar gawang Azzurri, sebukan Italia. Azzurri hanya kebobolan sekali dalam empat pertandingan, yakni ketika dikalahkan Republik Irlandia 0-1 pada laga penutup grup. Namun saat itu, gawang Italia tidak dikawal Buffon melainkan dijaga Salvatore Sirigu.

“Saya mengaguminya, dan dia mengagumiku. Kami punya relasi yang baik, kami sering bicara ketika bertemu, seperti setelah laga Bayern Munchen versus Juventus, yang tidak berakhir dengan baik buatnya. Dalam 20 tahun kariernya di level ini dia jelas menjadi panutan,” ujar Neuer, seperti dikutip Gazzetaworld.com, Jumat (1/7/2016).

Buffon telah menjadi legenda Italia. Dia pernah membawa Azzurri menjadi juara Piala Dunia 2006. Legenda Azzurri, Dino Zoff, sangat yakin kiper berusia 38 tahun tersebut bisa menyamai rekornya sebagai pemain Italia yang bisa mengawinkan gelar Piala Dunia dan Euro. Seperti diketahui, Zoff pernah membawa Italia menjadi juara Piala Dunia 1982 dan Euro 1968.

Advertisement

“Di usia Gigi [sapaan Buffon] itu sangat bagus. Dia mengatasi masalah fisik yang membuatnya gagal di Piala Dunia 2010. Dia masih berada di jalan untuk menyamaiku. Saya berharap dia bisa sukses menjuarai Euro kali ini. Saya masih satu-satunya pemain Italia yang telah memenangi gelar ganda, menjuarai Piala Dunia 1982 setelah memenangi turnamen kontinental di Roma pada 1968,” jelas Zoff, seperti dikutip Football Italia.

Pertarungan Jerman versus Italia di Bordeaux disebut-sebut sebagai duel dua tim terbaik sejauh ini di Prancis. Pertarungan pun diprediksi akan berlangsung ketat, dengan pertahanan solid kedua tim. Buffon yang berdiri di belakang trio bek BBC, Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, dan Leonardo Bonucci, akan mengawal pertahanan Italia dari ancaman Mario Gotze dkk. Sementara Neuer yang berdiri di belakang duet bek sentral Jerome Boateng dan Mats Hummels akan mencegah serangan dari Italia yang dimotori Graziano Pelle.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif