Jogja
Sabtu, 2 Juli 2016 - 21:20 WIB

LIBUR LEBARAN 2016 : Wisata Pantai di Gunungkidul akan Jadi Primadona

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pantai Baron Gunungkidul dipadati wisatawan. (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Libur lebaran 2016 di Gunungkidul, pantai masih akan jadi primadona

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Pemerintah Kabupaten Gunungkidul memprediksi kawasan pantai akan menjadi primadona saat libur lebaran 2016 mendatang. Pemkab Gunungkidul melalui Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Gunungkidul menargetkan sebanyak 60% pengunjung berwisata ke kawasan pantai selatan.

Advertisement

Kepala Disbudpar Gunungkidul, Saryanto mengatakan wisata pantai diprediksi menjadi favorit wisatawan. Sedangkan untuk wisata alam lainnya seperti gua dan pegunungan diprediksi mendapatkan sisanya, yakni sebanyak 40%.

“Lebaran kali ini sepertinya lebih banyak yang mengunjungi pantai untuk mengisi liburan,” kata dia Kepada Harianjogja.com, Jumat (1/7/2016).

Saryanto pun mengatakan bahwa pihaknya menargetkan sebanyak 350.000 orang datang berkunjung ke Gunungkidul. Jumlah tersebut naik dibandingkan target pengunjung Gunungkidul saat libur lebaran pada tahun lalu yang hanya 345.000 orang.

Advertisement

Untuk itu pihaknya pun berupaya untuk meningkatkan pengawasan dan pengamanan dengan bekerjasama dengan sejumlah instansi terkait di lingkungan pemkab Gunungkidul antara lain seperti Tim SAR, Polres, Linmas, satpol PP. Selain itu, ada pula pos yang didirikan oleh Disbudpar di wisata Pindul.

“Ada sekitar 459 personil yang diterjunkan selama libur lebaran kali ini,” kata dia.

Ia berharap seluruh element, termasuk masyarakat dapat bekerjasama dengan baik, termasuk para pengelola wisata.  Meskipun lebaran, ia berharap bahwa pengelola kawasan wisata tak memanfaatkan kondisi libur lebaran tersebut untuk menaikkan ongkos jasa wisata yang akan ditawarkan kepada wisatawan secara berlebihan.

Advertisement

“Kalau pos retribusi masih di pengawasan dinas, tidak ada kenaikan biaya,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif