Lifestyle
Sabtu, 2 Juli 2016 - 09:40 WIB

KULINER SOLO : Lezatnya Lasagna Rasa Rendang Ala Ralana Eatery

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Karyawati Ralana Eatery Solo, Margareta Galuh Vitaloka, menunjukkan lasagna rendang di resto setempat, Kamis (30/6/2016). (Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos)

Kuliner Solo kali ini menghadirkan menu unik lasagna rasa rendang.

Solopos.com, SOLO – Salah satu yang menarik dari negara Italia adalah kulinernya. Hidangan Negeri Pisa itu memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dibandingkan makanan Asia pada umumnya. Tak heran berbagai kuliner Italia kini telah mendunia dan tersebar ke berbagai penjuru negara.

Advertisement

Di Indonesia, banyak rumah makan hingga restoran berkelas yang menyajikan bermacam makanan khas Italia. Salah satu hidangan Italia yang menjadi favorit makanan di Indonesia adalah lasagna.

Kuliner berbahan dasar pasta itu biasanya terbuat dari campuran bechamel, ragu, dan parmigiano reggiano. Beberapa varian lasagna akhir-akhir ini juga muncul dengan bahan dasar keju mozarela dan ricotta dengan isian daging, saus tomat, jamur, dan bermacam sayuran.

Advertisement

Kuliner berbahan dasar pasta itu biasanya terbuat dari campuran bechamel, ragu, dan parmigiano reggiano. Beberapa varian lasagna akhir-akhir ini juga muncul dengan bahan dasar keju mozarela dan ricotta dengan isian daging, saus tomat, jamur, dan bermacam sayuran.

Nah, di Solo ada restoran yang menyajikan lasagna dengan cita rasa unik, yakni di Ralana Eatery. Resto yang beralamat di Jl. Slamet Riyadi No 301 itu memiliiki menu andalan lasagna rendang. Sesuai namanya, menu itu memadukan kuliner khas Italia dengan hidangan Nusantara.
Sekilas memang terlihat tidak ada yang berbeda dengan lasagna pada umumnya.

Lasagna tersebut juga disusun berlapis dan disiram dengan saus khusus. Pada bagian tengah lapisan lasagna ternyata berisi rendang yang telah dicincang.

Advertisement

Daging rendang yang telah dicincang tetap terasa meski dikombinasikan dengan lapisan Lasagna. Sementara, lapisan lasagna terasa gurih di mulut. Jangan lupa untuk mencocolkan lasagna ke saus khusus dan saus sambal yang telah disediakan agar muncul sensasi pedas. Lasagna rendang dijual seharga Rp40.000/porsi.

Operational Manager Ralana Eatery, Aan Yuliatmoko, menuturkan lasagna rendang tersebut dibuat agar cita rasa kuliner Nusantara tetap disukai masyarakat.

“Konsepnya memang memadukan makanan Italia dengan Nusantara dan selama ini lasagna rendang menjadi menu favorit pengunjung di Ralana,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di Ralana Eatery Solo, Kamis (30/6/2016).

Advertisement

Selain itu, resto setempat juga menghadirkan menu iga ala ralana. Menu tersebut menyajikan daging iga bakar yang disiram dengan saus madu. Irisan cabai merah besar menjadi topping menu tersebut. Tak heran jika iga ala Ralana itu memiliki sensasi rasa yang pedas.

Iga ala ralanan disajikan dengan satu porsi nasi dan sup hangat. Sup tersebut berisi bermacam sayuran yang menyehatkan seperti irisan kentang, tomat, loncang, dan wortel. Bumbu rempah yang kuat membuat sup tersebut terasa hangat di tubuh. Satu porsi iga ala ralana dijual seharga Rp55.500.

Ralana juga memiliki menu favorit lain, yakni gurami telur asin. Menu tersebut menyajikan daging gurami yang telah diolah bersama telur asin. Daging gurami sebelumnya dipotong kecil untuk memudahkan pengunjung untuk memakannya. Gurami telur asin dibanderol seharga Rp45.000/porsi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif