Jogja
Sabtu, 2 Juli 2016 - 06:20 WIB

INFO MUDIK 2016 : Penghitungan Difokuskan pada Angkutan Umum, Apa Dampaknya?

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Calon penumpang di Terminal Dhaksinarga Gunungkidul (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Info mudik 2016, peningkatan laju kendaraan di Gunungkidul sudah terasa.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL  – Kepala Sub Bagian Tata Usaha Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Dhaksinarga Suparto menyampaikan secara umum mudik tahun ini masih terpantau lancar.

Advertisement

Hal ini terlihat kedatangan armada bus yang masuk ke terminal sesuai jadwal yang telah ditentukan dan tidak ada keterlambatan.

“Masih normal. Rata-rata bus dari Jakarta ke Gunungkidul memakan waktu sekitar 14 jam,” ujarnya, Jumat (1/7/2016)

Dia menambahkan lonjakan jumlah penumpang masih akan terjadi. Diprediksi puncak arus mudik tahun ini terjadi nanti malam.

Advertisement

“Saya tidak bisa memrediksi berapa jumlah penumpangnya, tapi peningkatan itu pasti ada. Pasalnya mulai besok [hari ini] sudah masuk libur lebaran,” kata Suprapto.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Gunungkidul Purnamajaya mengatakan pihaknya sudah siap menyambut arus mudik maupun balik lebaran tahun ini, di antaranya dengan mendirikan posko-posko pemantauan di beberapa titik. Dibandingkan penyelenggaraan mudik di 2015, tahun ini ada perbedaan dalam pemantauan.

Dia mengaku, dinas tidak lagi melakukan penghitungan pemudik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun roda dua. Sedang penghitungan lebih difokuskan untuk pemudik yang menggunakan angkutan umum. Dampak dari adanya kebijakan itu, maka pos pantau di Kalipentung dihilangkan karena selama itu di lokasi tersebut penghitungan kepadatan arus dilakukan.

Advertisement

“Untuk tahun ini penghitungan difokuskan terhadap kendaraan yang masuk ke terminal. Saya yakin dengan model ini, maka akurasi jumlah pemudik akan lebih akurat,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif