Teknologi
Sabtu, 2 Juli 2016 - 13:40 WIB

APLIKASI SMARTPHONE : Ultah 1 Tahun, Apple Music Punya 15 juta Pengguna

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Apple Music Memos (Engadget)

Aplikasi smartphone Apple Music telah memiliki 15 juta pengguna di seluruh dunia.

Solopos.com, SOLO — Aplikasi smartphone Apple Music telah berusia satu tahun. Meluncur kali pertama pada 30 Juni 2015, Apple Music telah memiliki 15 juta pengguna di 110 negara.

Advertisement

Sebagaimana dikutip dari Theverge, Sabtu (2/7/2016), aplikasi smartphone Apple Music dirilis sebagai pengganti Beats Music yang telah pensiun dua tahun lalu. Dalam satu tahun peluncuran, Apple Music sudah memiliki 15 juta pengguna.

Aplikasi smartphone Apple Music sepertinya memang mulai digemari pengguna ponsel berbasis IOS itu. Tercatat dalam tiga bulan peluncuran awal atau saat masih gratis, Apple Music digunakan 15 juta orang.

Setelah itu dalam empat bulan saat layanan gratis dihilangkan, ada 6,5 juta orang yang masih setia dengan aplikasi smartphone Apple Music. Setelah setengah tahun atau enam bulan sejak peluncuran, sebanyak 10 juta orang mulai menggunakannya.

Advertisement

Aplikasi Apple Music merupakan usaha perusahaan teknologi Amerika Serikat itu untuk mendominasi musik digital dengan Itune. Hal itu karena saat ini sudah masuk era streaming musik yang pernah dimulai oleh Spotify.

Pengguna aplikasi Apple Music awalnya bisa mencoba selama tiga bulan secara gratis untuk beberapa pengguna pertama. Apple bisa bersaing dengan Spotify yang saat ini memiliki 20 juta pengguna di seluruh dunia. Butuh waktu untuk Apple menandingi Spotify.

Tapi Apple harus bangga karena Spotify baru bisa mempunyai 10 juta pengguna setelah enam tahun peluncuran. Aplikasi Spotify saat ini masih memimpin dengan 30 juta pengguna. Tapi bisa jadi dengan fitur-fitur baru di aplikasi Apple Music penggunanya akan semakin banyak dan bahkan bisa melampaui Spotify.

Advertisement

Di dalam aplikasi smartphone Apple Music, perusahaan asal Amerika Serikat itu juga menyematkan fitur For You yang digunakan untuk memberikan rekomendasi dari para ahli musik kepada pengguna berdasarkan genre musik.

Aplikasi smartphone Apple Music juga bisa digunakan pengguna perangkat Androd untuk memperoleh akses stasiun radio Beats 1 dan stasiun radio besutan Apple. Apple Music juga terdapat playlist dan fitur My Music yang bisa menampilkan musik dari Itunes yang sudah ada di aplikasi tersebut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif