Jogja
Jumat, 1 Juli 2016 - 04:20 WIB

VAKSIN PALSU : Jogja Bentuk Tim Penelusuran, Apa Temuannya?

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tim gabungan Dinkes dan BPOM menginspeksi vaksin di gudang obat-obatan rumah sakit di Bergas, Kabupaten Semarang, Kamis (30/6/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Vaksin Palsu, Walikota imbau warga tak resah.

Harianjogja.com, JOGJA — Soal vaksin palsu, Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja membentuk tim dan melakukan penelusuran.

Advertisement

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jogja, Fita Yulia Kisworini menyatakan hasil penelusurannya bersama tim di lapangan berdasarkan asal pengadaan vaksin di fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) tingkat pertama maupun tingkat lanjutan, rumah sakit pemerintah dan swasta.

“Belum ditemukan vaksin palsu,” katanya, dalam acara buka puasa bersama di Warung Makan di Jalan Kusumanegara, Kamis (30/6/2016).

(Baca Juga : VAKSIN PALSU : Haryadi : Tidak Ada yang Namanya Vaksin Palsu)

Advertisement

Menurut dia, semua vaksin program yang ada di Dinas Kesehatan Kota Jogja asli berasal dari Kementerian Kesehatan. Vaksin tersebut didistribusikan ke puskesmas. Demikian juga fasilitas pelayanan kesehatan dapat mengambil vaksin melalui puskesmas.

Namun demikian, dari isu peredaran vaksin palsu, Dinas Kesehatan Kota Jogja akan memberikan buku pedoman standar of procedure (SOP) penyelenggaraan imunisasi yang mencangkup SOP pengambilan vaksin dan pelarut imunisasi ke Dinas Kesehatan Kota, SOP penyimpanan vaksin dan pelarut program imunisasi tingkat puskesmas.

“SOP pelayanan imunisasi oleh petugas kesehatan di Puskesmas dan Fasyankes serta SOP teknik pengelolaan limbah imunisasi di Puskesmas,” papar Fita.

Advertisement

Fita mengimbau agar masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan imunisasi bagi putra putrinya bisa menuju Fasyankes yang sudah menggunakan vaksin dari Dinas Kesehatan Kota Jogja.

Advertisement
Kata Kunci : Pemkot Jogja Vaksin Palsu
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif