Lifestyle
Jumat, 1 Juli 2016 - 08:15 WIB

TIPS ASUH ANAK : Cara Tanamkan Rasa Percaya Diri pada Anak

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak cerdas (Pixabay.com/Lifehack.com)

Tips asuh anak kali ini mengulas tentang cara menumbuhkan rasa percaya diri buah hati.

Solopos.com, SOLO — Kepercayaan diri perlu dimiliki anak agar tidak menjadi pribadi yang lemah dalam menjalani kehidupan. Lalu, bagaimana cara menumbuhkan rasa PD ini pada si buah hati?

Advertisement

Dikutip Okezone dari Boldsky, Kamis (30/6/2016), orang tua bisa menumbuhkan rasa percaya diri pada anak dengan memberi tanggung jawab sederhana, memahami perkembangan emosinya, dan hindari kata-kata yang menyakiti perasaannya.

Berikut ulasan rinci mengenai cara menanamkan rasa percaya diri anak tersebut;

Pertama, berikan tanggung jawab kecil pada anak, seperti meminta tolong anak untuk membantu tugas sehari-hari di sekitar rumah. Ini akan membantu menguatkan ikatan Anda dengan si buah hati dan menambah rasa percaya diri pada dirinya. Merasa rendah diri bisa menimbulkan efek buruk bagi anak dalam bersosialisasi dengan dunia luar.

Advertisement

Kedua, jangan mencoba mengubah kepribadian anak Anda, atau memaksa anak untuk mengubah sifat sensitifnya. Anda harus menyadari bahwa itu adalah bagian dari kepribadiannya. Cukup pahami setiap perkembangan emosi si buah hati dan jangan memancing hal yang tak ia suka.

Ketiga, amati dan pelajari apa jenis tindakan atau kata-kata yang bisa menyakiti perasaan anak Anda. Hindari tindakan atau penggunaan kata-kata yang tak ia suka tersebut.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif