Teknologi
Jumat, 1 Juli 2016 - 02:00 WIB

SERANGAN MALWARE : Malware Level Dropper Serbu Play Store

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Virus (Detik)

Serangan malware level dropper menyerang Google Play Store.

Solopos.com, SOLO — Pengguna Android harus waspada. Pasalnya, beredar informasi kalau ada serangan malware yang berhasil menyusup ke pasar aplikasi Play Store.

Advertisement

Dengan ratusan ribu aplikasi yang ada di Play Store, peluang masuknya ancaman semacam virus atau serangan malware memang sulit benar-benar dihilangkan. Tapi Google juga tak tinggal diam, raksasa teknologi itu secara rutin melakukan pengecekan terhadap aplikasi-aplikasi yang ada di Play Store.

Namun Google sepertinya masih bisa kecolongan, sebab dilaporkan beredar malware di Play Store dengan potensi kerusakan yang lumayan. Malware yang masuk kategori Level Dropper itu disebut mampu membuat ponsel pengguna terbuka akses root-nya.

Seperti diketahui, akses root di OS Android sengaja dikunci oleh Google demi menjaga kerentanannya. Bila ponsel berhasil di-root, seketika itu juga perlindungan OS Android menjadi rentan dan membuka kemungkinan terinfeksi oleh virus atau malware.

Advertisement

Nah, itulah tujuan serangan malware Level Dropper. Parahnya, setelah ponsel berhasil diinfeksi dan di-root, malware ini langsung menginstal aplikasi ke ponsel yang diinfeksinya. Tak cuma satu atau dua aplikasi saja, tapi per aplikasi tiap dua menit.

Malware yang ditemukan oleh seorang peneliti bernama Colin Streicher itu akan melakukan instalasi aplikasi selama 30 menit. Artinya bakal ada sekitar 14 aplikasi yang diinstal sesaat setelah serangan malware ini menginfeksi ponsel pengguna.

“Dalam kasus ini, Level Dropper diam-diam nge-root perangkat kemudian menginstal banyak aplikasi,” kata Streicher, seperti dikutip dari Detik, Kamis (30/6/2016).

Advertisement

“Jadi segera setelah menjalankan Level Dropper, kami melihat notifikasi LocationServices muncul tapi kosong, [yang] sering menunjukkan kalau terdapat potensi yang dapat dimanfaatkan untuk memperoleh eskalasi hak istimewa,” imbuhnya.

Dalam pengujiannya, serangan malware Level Dropper sukses membobol Android 4.4 KitKat. Untuk Android 5.x Lollipop dan Android 6.0 Marshmallow belum diuji. Namun dengan kompleksitas keamanan yang dimiliki dua versi Android terbaru itu, Streicher yakin kalau malware Level Dropper akan kesulitan menembusnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif