Jogja
Jumat, 1 Juli 2016 - 15:55 WIB

PPDB 2016 : Kuota PPDB SMP Sleman Terpenuhi

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

PPDB 2015 di Sleman semua kuota SMP negeri telah terpenuhi

Harianjogja.com, SLEMAN– Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Sleman mengklaim jumlah penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk SMP di Sleman memenuhi kuota. Data tersebut merupakan hasil rekap yang dilakukan pada hari terakhir, PPDB SMP pada Kamis (30/6/2016).

Advertisement

Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Evaluasi Disdikpora Sleman Dwi Warni Yuliastuti menerangkan, hingga hari terakhir pendaftaran seluruh sekolah mampu memenuhi kuota.

Bahkan, sejumlah SMP kelebihan jumlah pendaftar sehingga dilimpahkan ke sekolah lain. Disdikpora Sleman mencatat, jumlah pendaftar mencapai 7.950 calon siswa (casis). Padahal, total daya tampung SMP yang mengikuti real time online (RTO) mencapai 6.800 kursi.

Berdasarkan data akhir statistik Disdikpora, lanjut Dwi, memang terlihat sejumlah pendaftar di satu sekolah yang tidak sesuai kuota. Padahal, sejatinya kuota sekolah tersebut terpenuhi. “Sebab, ada siswa yang tidak diterima untuk pilihan pertama kemudian melimpahkan ke pilihan kedua,” jelas Dwi, Kamis (30/6/2016).

Advertisement

Dia menjelaskan, pada ketentuan petunjuk teknis PPDB SMP Negeri, casis dapat memilih dua sekolah. Pendaftaran sendiri dapat dilakukan baik di sekolah pilihan pertama maupun pilihan kedua.

“Jadi jumlah berkas yang mendaftar di sekolah bisa jadi di bawah daya tampung. Padahal sekolah itu juga mendapat limpahan dari sekolahan lain sehingga tidak ada yang kekurangan siswa,” ucapnya.

Kepala Disdikpora Sleman Arif Haryono menjelaskan, berdasarkan jumlah pendaftar dengan daya tampung SMP yang disediakan, ada sekitar seribu casis yang terpental. Mereka yang tidak bisa sekolah di SMP Negeri ini bisa bersekolah di swasta.

Advertisement

“Seperti pada tahun-tahun sebelumnya mereka yang tidak terdaftar di negeri akan mendaftar di swasta,” jelasnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif