Pialaeropa
Jumat, 1 Juli 2016 - 18:00 WIB

PIALA EROPA 2016 : Tembus Semifinal, Portugal Belum Pernah Menang di Waktu Normal

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Portugal merayakan kemenangan adu penalti menghadapi Polandia di Stade de Velodrome, Marseille, Prancis, Jumat (1/7/2016). Pertandingan ini sebelumnya berakhir 1-1 hingga 120 menit. (JIBI/Reuters/Michael Dalder)

Piala Eropa 2016 diwarnai dengan lolosnya Portugal ke babak semifinal.

Solopos.com, MARSEILLE – Portugal berhasil lolos ke babak semifinal Piala Eropa 2016. Menariknya, tim berjuluk Selecao das Quinas itu belum sekalipun menang di waktu normal alias 90 menit pertandingan.

Advertisement

Portugal lolos ke fase knockout setelah hanya finis ketiga di Grup F Piala Eropa 2016. Tim polesan Fernando Santos itu selalu imbang di tiga laga fase grup. Portugal pun lolos sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

Di babak 16 besar, Portugal harus menghadapi tantangan Kroasia. Sepanjang pertandingan ditekan, Portugal akhirnya mampu memenangi laga setelah memastikan satu gol kemenangan di masa injury time. Ricardo Quaresma menjadi penentu di laga yang sepanjang 90 menit berakhir 0-0 itu.

Kemudian di laga perempatfinal, Portugal harus menghadapi Polandia. Lagi-lagi, Cristiano Ronaldo dkk. tak bisa menang di waktu normal. Portugal dan Polandia bermain imbang 1-1 di waktu normal. Robert Lewandowski membuat Polandia unggul lebih dulu pada menit kedua, namun bisa disamakan Renato Sanches di menit ke-32.

Advertisement

Laga pun harus dilanjutkan ke babak extra time hingga adu penalti. Dan Portugal seperti kembali mendapat dewi fortuna lantaran memenangi adu tostosan ini. Satu-satunya penendang Polandia yang gagal di adu penalti ini adalah Jakub Blaszczykowski, dan membuat timnya harus menyerah dari Portugal.

Fakta Portugal ini pun menjadi sesuatu yang menarik, pasalnya mereka belum pernah menang tapi mampu ke semifinal. Selain itu performa mereka juga tak begitu cemerlang. Saat menghadapi Kroasia dan Polandia, mereka lebih banyak tertekan.

Well, faktor keberuntungan memang selalu ada di sepak bola. Buktinya, Polandia yang tak pernah kalah harus takluk dari Portugal yang tak pernah menang. Ya, Polandia tak pernah kalah di waktu normal dengan mencatatkan dua kemenangan dan tiga kali hasil imbang.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif