Teknologi
Jumat, 1 Juli 2016 - 23:35 WIB

OS TERBARU : Android Nougat Jadi Nama Sistem Operasi Google

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Android Nougat (Twitter)

OS terbaru Android Nougat telah terungkap.

Solopos.com, SOLO — Raksasa teknologi Amerika Serikat, Google, resmi mengumumkan nama operating system (OS) terbaru penerus Android Marshmallow bernama Nougat. Sebelumnya OS terbaru itu disebut Android N.

Advertisement

Sebagaimana dikutip dari Cnet, Jumat (1/7/2016), kabar atau pengumuman OS terbaru Android Nougat itu dilakukan Google melalui aplikasi smartphone Snapchat. Sebelumnya raksasa Internet itu mengumukan sayembara Androdi N di Google I/O 2016 dua bulan lalu.

OS terbaru Android Nougat akan remsi diluncurkan di beberapa smartphone dalam beberapa bulan ke depan. Dalam mencari nama yang pas untuk seri N-nya, Google membuat semacam polling Internet yang intinya untuk menemukan nama makanan berhuruf depan N yang sering dan menjadi favorit masyarakat luas.

Pada polling Internet yang dibuat Google, netizen atau pengakses Internet akan diberi dua pertanyaan. Pertanyaan pertama bertanya tentang makanan enak diawali huruf N. Pertanyaan kedua, netizen akan diberi tujuh pilihan makanan yang diawali dengan huruf N dan netizen harus memilih satu makanan yang menjadi makanan favorit mereka.

Advertisement

OS terbaru Android Nougat akan membawa sejumlah perubahan. Satu perubahan besar yang akan menjadi highlight adalah isu update keamanan otomatis. Perubahan lainnya adalah fitur split-screen mode yang menjalankan dua aplikasi dalam satu layar.

Google tampaknya memang berusaha memaksimalkan fitur multitasking di OS terbaru Android Nougat. Selain split-screen mode, fitur recent apps atau aplikasi yang terakhir digunakan juga akan diubah tampilannya hanya dengan menampilkan setidaknya tujuh aplikasi yang terakhir digunakan.

Selain itu, OS terbaru Android Nougat juga akan disokong Vulkan 3D graphics API yang bisa memungkinkan developer mengakses hardware dan kompatibilitas cross-platform untuk bermain game dan mencoba aplikasi baru.

Advertisement

Google juga memberikan pembaruan pada Doze, fitur battery saving yang sudah hadir di Android Marshmallow pada tahun lalu. Kini, Doze memiliki nama Doze on the Go, yang dapat menghemat baterai perangkat Android N tidak hanya saat didiamkan.

Namun juga saat penggunanya memegang perangkat tersebut. OS terbaru Android Nougat juga akan mendukung standar Unicode 9 terbaru. Artinya sistem operasi ini akan menghadirkan 72 emoji anyar.

Advertisement
Kata Kunci : Android Nougat OS Terbaru
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif