Jatim
Jumat, 1 Juli 2016 - 14:05 WIB

LEBARAN 2016 : Inilah Lokasi Wisata di Pacitan Jadi Prioritas Pengamanan Operasi Ramadaniya

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kapolres Pacitan, AKBP Suhanda Cakrawijaya saat mengecek kondisi kendaraan yang akan digunakan untuk Operasi Ramadaniya 2016 di halaman Mapolres Pacitan, Kamis (30/6/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Lebaran 2016, lokasi wisata di Pacitan akan menjadi prioritas pengamanan selama Operasi Ramadaniya 2016.

Madiunpos.com, PACITAN — Pengamanan lokasi wisata di Pacitan menjadi prioritas pada saat Lebaran 2016. Diprediksi ribuan pengunjung dari berbagai daerah akan memadati beberapa lokasi wisata di Kota 1001 Goa pada saat Lebaran.

Advertisement

Hal itu dikatakan Kapolres Pacitan, AKBP Suhanda Cakrawijaya kepada wartawan seusai melakukan kegiatan apel gelar pasukan Operasi Ramadaniya di halaman Mapolres Pacitan, Kamis (30/6/2016) pagi.

Pantauan Madiunpos.com di lokasi, ratusan anggota Polres Pacitan, anggota Kodim 0801 Pacitan, dan anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengikuti apel gelar pasukan itu. Pasukan gabungan itu juga menyiapkan berbagai kendaraan yang untuk pengemanan selama operasi berlangsung.

Suhandana menyampaikan pada Operasi Ramadaniya 2016 ini ada 428 personel gabungan dari beberapa instansi. Sedangkan personel dari kepolisian ada 200 orang. Operasi khusus perayaan Idul Fitri ini akan berlangsung mulai H-7 hingga H+7 Lebaran.

Advertisement

Dia mengatakan pengamanan Lebaran kali ini akan selain untuk mengatur lalu lintas pemudik, juga untuk mengemankan lokasi wisata. Hal ini karena Pacitan merupakan kota tujuan wisata, sehingga kepadatan arus lalu lintas di jalan menuju lokasi wisata perlu diatur.

Menurut dia, geliat pengunjung di lokasi wisata mulai nampak pada saat H+2 Lebaran. Untuk tempat wisata yang akan dijaga yaitu di pantai Teleng Ria, pantai Klayar, Goa Gong, dan beberapa lokasi wisata lain.

“Pacitan itu kota tujuan, jadi orang kalau sudah sampai di Pacitan ya sudah di Pacitan tidak akan ke mana-mana. Jadi saat hari H Lebaran, mungkin di lokasi wisata akan sepi, tetapi setelah itu H+2, pasti lokasi wisata akan menjadi padat,” jelas dia.

Advertisement

Untuk enam pos pam Lebaran yang dibangun di wilayah Pacitan yaitu Pos Pam Batas Cemeng (arah Yogyakarta), Pos PAM Batas  Glonggong (arah Solo), Pos Pam Pacitan (jalur Sedeng), Pos Pam Pacitan (jalur selatan), Pos Pam Goa Gong, dan Pos Pam Pantai Klayar.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif