Jogja
Jumat, 1 Juli 2016 - 12:55 WIB

INFLASI DIY : Daging Ayam Ras Paling Besar Pengaruhi Inflasi Juni

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pedagang tengah memotong daging ayam di Pasar Beringharjo, Jogja, Selasa (12/1/2016).(Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja)

Inflasi DIY bulan Juni paling besar dipengaruhi oleh harga daging ayam

Harianjogja.com, JOGJA-Kota Jogja pada bulan Juni 2016 mengalami inflasi sebasar 0,41 %. Inflasi ini dikarenakan adanya kenaikan harga-harga yang menyebabkan berubahnya angka indeks harga konsumen (IHK).

Advertisement

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Bambang Kristiawan mengatakan salah satu pemicu inflasi adalah kenaikan harga selama dua minggu terakhir, terutama bahan makanan dan makanan jadi.

Berdasarkan data BPS, kenaikan daging ayam ras memberi andil paling besar dalam inflasi yakni sebesar 0,07 %. Selain itu wortel memberi andil 0,05 %, gula pasir 0,04 %, kelapa dan beras 0,03 %, dan diikuti tarif listrik, minyak goreng, telur ayam, bayam, gula merah, daging ayam kampung, bayam, hingga rokok kretek.

“Ramadan ini pola konsumsi berubah karena ada pembuatan takjil juga yang banyak menyerap gula pasir, gula merah, dan minyak goreng,” kata Bambang saat menyampaikan Berita Resmi Statistik BPS DIY, di Kantor BPS DIY Jl. Ring Road Selatan, Jumat (1/7/2016).

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif