Jatim
Jumat, 1 Juli 2016 - 22:05 WIB

MUDIK LEBARAN 2016 : Polres Magetan Gelar Tes Urine

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah sopir bus di terminal Surodakan saat mengikuti tes urine, Kamis (23/6/2016). (tribratanewsjatim.com)

Mudik Lebaran 2016, tes urine digelar Polres Magetan di Terminal Maospati.

Madiunpos.com, MAGETAN–Petugas Polres Magetan, Jawa Timur, menggelar tes urine bagi para sopir bus yang memasuki Terminal Maospati di Kabupaten Magetan guna memastikan mereka terbebas dari penggunaan narkotika.

Advertisement

“Tes dilakukan untuk mengecek ada dan tidaknya para sopir bus yang mengonsumsi narkoba terlebih sambil mengemudikan bus selama masa angkutan Lebaran,” ujar Kapolres Magetan AKBP Heru Agung Nugroho di Magetan, seperti dilansir Antara, Jumat (1/7/2016).

Dia menjelaskan pemeriksaan urine guna melihat kandungan narkoba dalam darah tersebut bertujuan mencegah kecelakaan lalu lintas selama masa angkutan Lebaran.

“Tes ini dilakukan sebagai langkah preventif untuk menekan angka kecelakaan. Mengingat saat arus mudik seperti ini kondisi jalan bisa sangat ramai dan meningkatkan potensi kecelakaan,” kata dia.

Advertisement

Dari hasil tes urine yang dilakukan dengan menggandeng Dinas Kesehatan Pemkab Magetan itu, diketahui seluruh awak bus dinyatakan negatif mengonsumsi narkoba.

Ia mengatakan selain melaksanakan tes urine, petugas juga mengecek kesehatan dari para awak bus tersebut. Pemeriksaan meliputi cek tekanan darah, gula darah, dan kolesterol.

“Tadi juga dilaksanakan tes kesehatan. Memang ada awak bus yang kondisi badannya kurang sehat tapi itu karena faktor kecapaian. Dan tadi juga sudah diberikan obat secara gratis,” kata Heru.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif