Jogja
Kamis, 30 Juni 2016 - 17:20 WIB

WISATA KULONPROGO : Glagah Tetap Jadi Penopang Utama Wisata Lebaran

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wisata Kulonprogo pada libur lebaran mendatang, Pantai Glagah tetap jadi penopang
Harianjogja.com, KULONPROGO-Meski sempat dihantam gelombang pasang beberapa waktu lalu, kawasan wisata Pantai Glagah tetap menjadi penopang utama target wisatawan pada masa libur Lebaran mendatang.

Pemkab Kulonprogo menargetkan kunjungan wisata sebanyak 60.000 orang selama 4 hari liburan.

Advertisement

Kuat Tri Utomo, Kepala Seksi Objek dan Sarana Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga (Disparpora) Kulonprogo mengatakan bahwa kawasan wisata Glagah ditargetkan menyumbang 70% dari total target pengunjung.

“Kita optimis bahwa Glagah bisa menyumbang 70%-nya,” ujarnya ditemui di kantornya, Rabu (29/6/2016).

Target tersebut diberikan kepada 7 objek wisata yang berada dalam pengelolaan Pemkab Kulonprogo. Selain Glagah, objek wisata tersebut yaitu Pantai Congot, Pantai Trisik, Waduk Sermo, Puncak Suroloyo, Goa Kiskendo, Kebun Teh Nglinggo dan Kolam Renang Tanjungsari.

Advertisement

Kuat optimis bahwa jumlah pengunjung yang dicapai bisa jauh lebih banyak karena jumlah hari libur yang cukup panjang.

Sejauh ini, tidak ada efek berarti pasca gelombang tinggi yang akan menurunkan minat wisatawan ke Glagah. Berdasarkan hasil pantauan, kerusakan akibat gelombang tinggi di kawasan pantai utama tersebut sudah dibersihkan dan diperbaiki. Para pedagang dan pelaku wisata juga telah bersiap untuk beraktivitas kembali.

Kuat mengatakan bahwa hanya kawasan parkiran yang dikhawatirkan masih belum siap. Pasalnya, area parkiran sampai saat ini masih dalam keadaan becek sehingga belum mampu menampung kendaraan besar.

Advertisement

Jika kondisi ini terus berlanjut maka terpaksa sejumlah kendaraan akan parkir di bahu jalan. Kuat menyebutkan bahwa hal ini beresiko menambah kepadatan lalu lintas di Glagah.

Adapun, Disparpora juga akan bekerjasama dengan sejumlah instansi terkait untuk melakukan rekayasa lalu lintas jika ada londakan pengunjung. Peningkatan jumlah pengunjung ini juga diharapkan memberi peluang rezeki musiman bagi warga setempat.

Selain itu, akan dibangun pula pos pemantauan di Pantai Glagah untuk mengantisipasi laka laut. Pos ini akan dibangun di sekitar break water yang akan dijaga Tim SAR yang akan melakukan patroli rutin dan menyampaikan himbauan bagi para pengunjung.

Sejumlah rambu-rambu larangan mandi di laut juga telah diperbanyak dan dipasang kembali oleh Pemkab Kulonprogo.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif