Pialaeropa
Kamis, 30 Juni 2016 - 20:25 WIB

PIALA EROPA 2016 : Wenger Juga Masuk Kandidat Pelatih Baru Inggris

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Piala Eropa 2016 diwarnai dengan mundurnya Roy Hodgson sebagai pelatih kepala Timnas Inggris.

Solopos.com, LONDON – Manajer Arsenal, Arsene Wenger, disebut-sebut sebagai kandidat utama suksesor Roy Hodgson di kursi pelatih Tim Nasional (Timnas) Inggris. Federasi Sepak Bola Inggris (FA) mempersiapkan 12 bulan untuk berburu pelatih baru.

Advertisement

Direktur Eksekutif FA, Martin Glenn, menegaskan hanya akan menunjuk pelatih terbaik untuk menukangi pasukan Tiga Singa, julukan Inggris, yang ditargetkan meraih mimpi juara Piala Dunia 2022. Glenn mengatakan tiga pemimpin FA, termasuk Direktur Pengembangan Elit Dan Ashworth, Wakil Direktur David Gill, akan berdiskusi mengenai pencarian pengganti Hodgson. Mereka juga akan berkonsultasi dengan berbagai figur sepak bola untuk mencari kandidat terbaik.

Sejumlah nama pelatih telah masuk bursa, termasuk Wenger. Kontrak Wenger bersama Arsenal memasuki tahun terakhir, Jumat (2/7/2016) nanti. Dengan demikian, dia bebas meninggalkan Emirates Stadium, London, musim panas mendatang. Seperti dilansir Dailymail.co.uk, Rabu (29/6/2016), Wenger diyakini termasuk salah satu pelatih yang paling dipertimbang FA untuk menggantikan posisi Hodgson.

Apalagi, FA bersedia menanti setahun untuk mendapatkan pelatih anyar. Mereka bahkan telah berencana menunjuk pelatih karteker jika belum menemukan arsitek yang diinginkan. Pelatih Timnas Inggris U-21, Gareth Southgate, telah dikabarkan bakal dipercaya membesut Tiga Singa untuk sementara waktu. Namun, hingga Selasa (28/6/2016) malam waktu setempat, belum ada kepastian FA soal penunjukkan Southgate sebagai manajer karteker.

Advertisement

“Kami ingin mendapatkan satu [manajer] untuk kualifikasi pertama Piala Dunia, tapi jika belum [mendapatkan manajer anyar], kami berencana memakai manajer sementara. Untuk keputusan yang penting seperti ini, kami sedang bersiap menanti. Jika seseorang datang pada akhir kontrak mereka di akhir musim, maka menanti adalah sebuah kemungkinan. Ini adalah sebuah keputusan penting. Kami harus mendapatkan orang yang tepat. Untuk menanti beberapa bulan akan menjadi keputusan tepat,” terang Glenn.

Kemungkinan penunjukkan Wenger sebagai manajer anyar Inggris seolah menjadi kejutan tersendiri bagi para suporter menyusul kekecewaan atas kegagalan Hodgson di Piala Eropa 2016. Pelatih berdarah Prancis itu dinilai sesuai dengan kriteria Glenn. Meski gagal mempersembahkan gelar juara untuk Arsenal dalam beberapa musim terakhir, Wenger terbukti memiliki track rekor bagus serta cukup dihormati para pemain Liga Premier.

Akan tetapi, skenario Wenger ke Tiga Singa bakal bergantung keputusan Arsenal yang kemungkinan akan memperpanjang kontrak sang manajer jika berhasil meraih kesuksesan musim ini. Selain Wenger, ada beberapa pelatih lain yang telah masuk bursa calon manajer Inggris, seperti Claudio Ranieri, Steve Bruce, Eddie Howe, Sam Allardyce, David Moyes, dan Slaven Bilic.

Advertisement

“Kami jelas membutuhkan seorang manajer inspirational yang bisa memaksimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki permainan Inggris,” imbuh Glenn.

Di sisi lain, kapten tim Tiga Singa, Wayne Rooney, menilai posisi manajer tidak harus diisi seorang berkebangsaan Inggris. “Tentu lebih baik jika dia seorang Inggris, tapi dia harus orang yang tepat untuk pekerjaan ini. Dia harus memiliki kredit dan kemampuan untuk melakukan pekerjaan ini. Apakah dia adalah orang Inggris atau bukan, kami akan menunggu dan melihat,” kata striker Manchester United itu, seperti dilansir Soccerway, Rabu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif