Pialaeropa
Kamis, 30 Juni 2016 - 14:45 WIB

PIALA EROPA 2016 : Polandia vs Portugal: CR7 Berpeluang Samai Platini

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Cristiano Ronaldo (Euro2016.com)

Piala Eropa 2016 akan menyajikan pertandingan Polandia vs Portugal.

Solopos.com, MARSEILLE — Cristiano Ronaldo tinggal selangkah lagi menyamai rekor legenda Prancis, Michel Platini, ketika membantu Portugal di perempatfinal Piala Eropa 2016 melawan Polandia, Jumat (1/7/2016) dini hari WIB.

Advertisement

Ronaldo telah menyumbang delapan gol untuk Timnas Portugal dalam penampilan di empat edisi Euro. CR7, julukan Ronaldo, melakoni debut di ajang Piala Eropa 2004 Portugal dan tidak pernah absen di tiga turnamen serupa dalam 12 tahun berselang, yaitu Piala Eropa 2008 Austria/Swiss, Piala Eropa 2012 Polandia/Ukraina, dan Piala Eropa 2016  Prancis.

Raihan delapan gol membuat CR7 hanya terpaut satu gol dari rekor sembilan gol legenda Prancis, Michel Platini. Ronaldo berpeluang menyamai atau bahkan melamapui pencapaian itu dalam laga kontra Polandia. Sumbangan satu gol akan mengantar megabintang Real Madrid itu sejajar Platini. Namun, bila mampu menyumbang dua gol atau lebih, pemain kelahiran Funchal, Portugal, itu akan mengukuhkan diri sebagai pencetak gol terbanyak di putaran final Euro.

Dalam kondisi normal sebenarnya bukan hal sulit untuk Ronaldo mencetak gol. Namun situsinya relatif berbeda di Piala Eropa 2016. CR7 seolah kesulitan mengeluarkan kemampuan terbaiknya terkecuali saat Portugal menahan imbang Hungaria 3-3 di laga pamungkas Grup F, Rabu (22/6/2016). Pemain terbaik dunia tiga kali itu menyumbang assist untuk gol pembuka dari Luis Nani sebelum mencetak dua gol atas namanya di babak kedua.

Advertisement

Tetapi Polandia bukan Hungaria. Tim Putih Merah, julukan Polandia, dikenal memiliki pertahanan tangguh nan sulit ditembus. Polandia baru kebobolan satu gol dalam empat pertandingan Euro 2016, termasuk ketika menahan imbang 0-0 tim juara dunia, Jerman, di penyisihan Grup C. Tim asuhan Adam Nawalka akan mati-matian berjuang melanjutkan raihan apik itu dalam pertemuan kontra Portugal.

Artinya, keran gol CR7 terancam kembali macet seperti di tiga lain timnya. CR7 tak mampu berbuat banyak dalam laga melawan Islandia dan Austria (pertandingan Grup F) dan juga tak mampu menjebol gawang Kroasia di partai 16 besar.

Terlepas dari hal itu, Ronaldo tak dimungkiri akan menjadi ancaman terbesar Polandia. Seperti Messi, CR7 tak pernah memenangi trofi mayor bersama timnas dan bukan tidak mungkin kesempatan itu terbuka lebar tahun ini.

Advertisement

Bek Portugal, Jose Fonte, mengungkapkan timnya telah siap meladeni Polandia. Bersama Ronaldo, pemain 32 tahun itu optimistis dengan peluang Seleccao ke semifinal. “Kami selalu mempunyai peluang. Kami memiliki pemain terbaik di dunia, Ronaldo,” kata Fonte dilansir thenational.ae, Rabu (29/6/2016).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif