Jatim
Kamis, 30 Juni 2016 - 20:05 WIB

PENDIDIKAN PACITAN : Ini 5 SMP Favorit di Pacitan

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - SMPN 1 Pacitan (data.kemdikbud.go.id)

Pendidikan Pacitan, lima sekolah jenjang SLTP terfavorit.

Madiunpos.com, PACITAN — Lima sekolah jenjang sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP) di Kabupaten Pacitan ini menjadi sekolah yang paling favorit dan diminati siswa di Kota 1001 Goa. Hal ini karena di lima sekolah ini memiliki berbagai keunggulan dibandingkan sekolah lain di Pacitan.

Advertisement

Kabid Pendidikan Dinas Pendidikan Pacitan, Mahmud, mengatakan ada sekolah-sekolah jenjang SLTP yang menjadi incaran siswa dan orang tua siswa.

Untuk lima sekolah SLTP yang favorit di Pacitan seluruhnya SMP Negeri. Setiap sekolah biasanya memiliki keunggulan tersendiri dan itu menjadi salah satu daya tarik siswa.

Advertisement

Untuk lima sekolah SLTP yang favorit di Pacitan seluruhnya SMP Negeri. Setiap sekolah biasanya memiliki keunggulan tersendiri dan itu menjadi salah satu daya tarik siswa.

Berikut ini lima sekolah jenjang SLTP di Pacitan yang menjadi favorit masyarakat :

SMP Negeri 1 Pacitan

Advertisement

Alumnus dari SMPN 1 Pacitan juga banyak yang jadi pejabat dan orang ternama, salah satunya Presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Di SMPN 1 Pacitan memiliki fasilitas komputer yang memadai yaitu satu banding empat, sehingga mulai tahun depan direncanakan untuk pelaksanaan Ujian Nasional sudah menggunakan sistem UN Berbasis Komputer.

Seluruh guru di SMP tersebut juga bersertifikat. Selain itu, hasil UN di SMPN 1 Pacitan juga menjadi yang tertinggi dibandingkan sekolah lainnya.

SMP Negeri 2 Pacitan

Advertisement

SMP Negeri 2 Pacitan, sekolah yang beralamat di Jl. A. Yani 31 Pacitan ini menjadi SMP favorit kedua. Sarana dan prasarana di SMPN 2 Pacitan telah memenuhi BSNP dan lokasinya juga strategis di tengah kota. Alumnus SMPN 2 Pacitan sudah banyak bekerja dan menjadi pejabat di berbagai jabatan pemerintahan.

Fasilitas komputer di sekolah ini juga mencukupi perbandingannya satu banding enam. Untuk itu sekolah ini direncanakan tahun depan juga akan menggunakan UNBK dalam ujian nasional.

SMP Negeri 1 Arjosari

Advertisement

SMPN 1 Arjosari, sekolah yang beralamat di Jl. Nawangan No. 03, Desa Arjosari, Kecamatan Arjosari, Pacitan ini menjadi sekolah jenjang SLTP terfavorit ketiga. Di sekolah ini telah menerapkan sistem boarding school atau asrama sekolah, siswa yang ingin tinggal di asrama diperbolehkan tinggal tanpa ada biaya apapun.

Nila rata-rata UN tahun 2016 ini paling tinggi nomor dua se-Pacitan. Seluruh guru telah memiliki sertifikat pendidik profesional. Selain prestasi akademik, SMPN 1 Arjosari juga memiliki prestasi dibidang drum band mulai tingkat kabupaten hingga provinsi Jawa Timur.

SMP Negeri 1 Ngadirojo

SMPN 1 Ngadirojo, sekolah ini beralamat di Jl. Raya Lorok-Pacitan, Desa Cokrokembang, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan ini menjadi sekolah trefavorit keempat. SMPN 1 Ngadirojo ini sangat dikenal sebagai sekolah yang unggul dibidang seni tradisional, seperti seni tari tradisional.

Sekolah ini juga sering menjadi perwakilan Pacitan di ajang seni tari di tingkat Provinsi Jawa Timur. Mengenai sarana prasana sudah BSNP dengan seluruh guru telah memiliki sertifikat pendidik professional.

SMP Negeri 1 Donorojo

SMPN 1 Donorojo,  sekolah yang beralamat di Jl. Taruan No. 17 Donorojo ini menjadi sekolah terfavorit kelima di Pacitan. Sekolah ini terkenal dengan kegiatan ekstranya dalam kerajinan batu akik. Pacitan yang kaya akan batu-batuan alam dikelola di sekolah ini dan siswanya diajari dalam membuat batu akik.

Hasilnya, saat ini produk siswa SMPN 1 Donorojo telah merambah ke berbagai daerah. Ini juga menjadi ketrampilan yang berguna bagi siswa sebagai bekal untuk berwirausaha.

Selain dibidang kerajinan akik, SMPN 1 Donorojo juga dikenal sebagai sekolah yang ahli dalam bahasa Inggrisi, ini terbukti dengan sekolah itu secara rutin menjadi juara debat bahasa Inggris tingkat kabupaten.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif