Teknologi
Rabu, 29 Juni 2016 - 12:10 WIB

SERANGAN MALWARE : Ini Cara Minimalkan Risiko Hilang Data Akibat Ransomware

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - IIustrasi malware. (istimewa)

Serangan malware membuat data hilang semakin besar.

Solopos.com, SOLO — Saat ini aplikasi virus komputer dan telepon seluler atau ransomware yang menargetkan perangkat mobile terus meningkat, namun cara-cara yang dilakukan untuk melindungi diri sering kali membingungkan.

Advertisement

Penelitian Kaspersky mengungkap, tidak banyak orang yang memiliki solusi keamanan Internet terinstal pada ponsel biasa atau smartphone, walaupun faktanya perangkat tersebut paling mungkin mereka gunakan sebagai kamera dan sarana menyimpan foto.

Bahkan, ada yang percaya mereka dapat menemukan jalan keluar dari serangan ransomware dengan sekadar memutuskan jaringan Internet atau mematikan perangkat telekomunikasi bergerak atau mobile mereka untuk menghentikan proses serangannya.

Kaspersky Lab memberikan cara meminimalkan risiko kehilangan data akibat ransomware. Berikut ini beberapa cara untuk meminimalkan risiko kehilangan data sebagaimana dihimpun dari Antara, Rabu (29/6/2016):

Advertisement

1. Pastikan selalu menggunakan versi terbaru dari perangkat lunak.
2. Menginstal solusi keamanan Internet.
3. Secara rutin melakukan backup data-data pribadi mereka.
4. Berhati-hatilah saat membuka e-mail dari pengirim yang tidak dikenal, melampirkan link yang mencurigakan atau tidak terduga. Bila merasa ragu, maka tanyakan terlebih dahulu kepada pengirim sebelum membuka pesan.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Serangan Malware
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif