Pialaeropa
Rabu, 29 Juni 2016 - 15:04 WIB

PIALA EROPA 2016 : Ini "Rencana Darurat" Italia Jika De Rossi Tak Pulih

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Piala Eropa 2016 diwarnai dengan kebugaran pemain Italia yang terganggu.

Solopos.com, PARIS — Italia sangat percaya diri menghadapi Jerman pada babak perempatfinal Piala Eropa 2016 di Matmut-Atlantique, Bordeaux, Minggu (3/7/2016) pukul 02.00 WIB mendatang. Sayangnya, tim berjuluk Gli Azzurri tersebut kemungkinan besar tidak akan bisa turun full-team melawan tim juara dunia tersebut.

Advertisement

Setelah Antonio Candreva yang mengalami cedera, Italia kemungkinan akan kehilangan  gelandang berpengaruh Daniele De Rossi. Pelatih Italia, Antonio Conte, mengaku pemain AS Roma tersebut satu-satunya pemain baru yang tidak fit 100% setelah mereka membantai juara bertahan Euro, Spanyol, dengan skor 2-0 pada babak 16 besar, Senin (27/6/2016) malam WIB.

Conte tentu berharap De Rossi bisa sembuh dalam waktu yang tepat. Namun, Italia hanya memiliki waktu singkat untuk recovery, yakni hanya sekitar empat hari sebelum bertemu Jerman. De Rossi terpaksa tertatih-tatih keluar lapangan ketika melawan Spanyol di menit ke-54. Dia kemudian digantikan Thiago Motta.

Celakanya, Motta yang merupakan satu-satunya pemain setipe dengan karakter De Rossi dalam 23 nama skuat Italia, dipastikan absen melawan Jerman karena akumulsi kartu kuning. Conte pun terpaksa harus menyusun rencana cadangan alias Plan B apabila De Rossi tidak akan sembuh saat melawan Jerman di Bordeaux.

Advertisement

“Sejauh ini, De Rossi yang menjadi perhatian, kami akan mengevaluasinya dalam beberapa jam ke depan atau besok. Saya belum bisa katakan tentang peluang kesembuhannya. Kami bermain Sabtu [Minggu dini hari WIB] dan hari ini adalah Senin, jadi kami hanya punya empat hari untuk pemulihan,” jelas Conte, seperti dilansir Espnfc.com.

Mantan allenatore Juventus tersebut menyadari timnya harus bugar mengingat Jerman bukan lawan enteng untuk dihadapi. “Saya ingin semua pemainku 100 persen fit, karena kami perlu 120 atau 130 persen fit melawan Jerman. Jadi, saya akan mengevaluasi dalam beberapa hari ini dan menemukan solusi. Kami akan berusaha menemukan alternatif yang memungkinkan saat bermain tanpa De Rossi, meski saya harap itu tidak benar-benar terjadi,” sambung pelatih yang akan menukangi Chelsea setelah Piala Eropa 2016 berakhir.

Conte tetap memberi jatah waktu bebas sementara kepada Gianluigi Buffon dkk. yang sudah tampil gemilang menundukkan Spanyol. Tapi jangan harap free time itu bisa lama. Conte hanya memberi kesempatan satu hari bagi Graziano Pelle cs. untuk menikmati selebrasi kemenangan atas Spanyol itu, sebelum mereka kembali fokus mempersiapkan diri melawan Jerman.

Advertisement

Sebaliknya, Jerman lebih diuntungkan karena mereka memiliki jeda waktu yang lebih panjang sehari. Terakhir, pasukan Joachim Low turun ke lapangan yakni ketika menundukkan Slovakia 3-0 pada babak 16 besar, Minggu (26/6/2016).

“Kami benar-benar tidak beruntung karena hari kami kurang untuk persiapan melawan Jerman yang sudah bermain kemarin. Namun biarkan kami menikmati ini [kemenangan atas Spanyol] hingga besok pagi, karena  ini pekerjaan yang penuh keras keras,” jelas dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif