Soloraya
Rabu, 29 Juni 2016 - 12:30 WIB

INFO MUDIK 2016 : 4 Jam Dibuka, Tol Soker Dilintasi 80 Kendaraan

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengendara sepeda motor melintas di jalan tol Solo-Kertosono (Soker) yang telah disebari batu oleh warga di Desa Sindon, Ngemplak, Boyolali, Minggu (25/4/2016). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos/dok)

Info mudik 2016, puluhan kendaraan melintasi tol Solo-Kertosono (Soker).

Solopos.com, SOLO–Jalur alternatif Sragen-Surabaya via tol Solo-Kertosono (Soker) ruas Klodran, Karanganyar-Pungkruk, Sragen, beroperasi terbatas mulai Rabu (29/6/2016) pukul 06.00 WIB. Sejak empat jam dibuka, sedikitnya 80 mobil melewati pintu masuk Klodran.

Advertisement

Pantauan Solopos.com di pintu masuk tol Soker Klodran, mayoritas kendaraan melewati jalur alternatif mudik Lebaran tersebut dari arah barat. Kendaraan dari luar kota didominasi mobil berpelat nomor B, AB, dan H.

Duty Manager Petugas Piket dari PT Solo Ngawi Jaya, Surya Panyuluh, mengatakan mayoritas kendaraan yang melewati tol Soker pada awal pembukaan masih didominasi kendaraan dari Soloraya.

“Kira-kira 60 persen lokal. Yang 40 persen dari kendaraan luar kota,” terangnya saat ditemui Solopos.com di pintu masuk tol Soker Klodran.

Advertisement

Surya mengatakan pada operasional perdana tersebut masih ada sepeda motor milik warga yang nekat melintasi bagian ruas tol Trans Jawa itu. Selain itu, pihaknya juga menemui pengguna jalan yang melakukan swafoto (selfie) di tengah jalan.

“Pagi tadi kami halau motor dan mengingatkan pengguna jalan yang selfie di jalan tol. Ada juga warga yang  menggembalakan kambingnya. Itu berbahaya,” pesannya.

Untuk mengantisipasi gangguan di jalur alternatif dan menjaga keamanan pengguna jalan, menurut Surya, pengelola jalan tol rutin melaksanakan patroli. “Ada tiga mobil yang disiagakan patroli sejak pagi,” tuturnya.

Advertisement

Salah seorang pengguna jalur alternatif Sragen-Surabaya via tol Soker, Dimas Maulana, 30, mengaku tertarik memanfaatkan jalan yang bisa memangkas waktu tempuh perjalanan Solo-Sragen hingga 45 menit ini.

“Kami dari Jogja mau ke Kediri. Dapat info Solo katanya sudah ada tol. Mau nyobain ini. Katanya lebih irit waktu,” katanya.

Jalur alternatif Sragen-Surabaya via tol Solo-Kertosono (Soker) ruas Klodran, Karanganyar-Pungkruk, Sragen, dibuka khusus mobil secara gratis selama 14 hari mulai Rabu (29/6), pukul 06.00 WIB-17.00 WIB.

Pada H-7 sampai H+2 Lebaran 2016, jalan tol Soker dibuka satu arah dari barat ke timur (Karanganyar-Sragen). Sedangkan H+3 sampai H+7 Lebaran 2016, jalan tol dibuka satu arah dari timur ke barat (Sragen-Karanganyar).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif