Teknologi
Rabu, 29 Juni 2016 - 20:35 WIB

APLIKASI SMARTPHONE : Gaet Emtek, Blackberry Ubah BBM

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo BBM (itpro.co.uk)

Aplikasi smartphone BBM akan berubah total.

Solopos.com, SOLO — Meski penjualan smartphone-nya terjun bebas, Blackberry masih punya layanan aplikasi smartphone di Indonesia, apalagi kalau bukan Blackberry Messenger. Kemungkinan tidak lama lagi, Blackberry Messenger akan banyak berubah.

Advertisement

Itu setelah Blackberry mengumumkan kemitraan dengan perusahaan Indonesia, PT Elang Mahkota Teknologi atau Emtek untuk mengembangkan aplikasi smartphone BBM. Kabarnya, Emtek membayar US$207,5 juta atau setara Rp2,7 triliun selama enam tahun untuk memiliki hak brand BBM, properti intelektual dan lisensi teknologi.

Seperti dikutip dari Bloomberg, Rabu (29/6/2016), aplikasi smartphone BBM dikatakan akan mengikuti langkah messaging lain seperti WeChat dengan menyediakan layanan video, update kabar selebriti sampai belanja online.

Mereka melakukannya di Indonesia karena aplikasi smartphone BBM masih tenar di sini. Dari sekitar 90 juta pengguna BBM, sebanyak 60 juta di antaranya ada di Indonesia. Nantinya, Blackberry akan mendapat fee bila ada pengguna BBM yang melihat konten yang disediakan Emtek.

Advertisement

Emtek akan membuka kantor anak usahanya di bidang konten digital, KMK Online di dekat markas Blackberry di Toronto, Kanada. Sekitar 80 sampai 100 karyawan Blackberry akan diperbantukan di kantor tersebut.

Blackberry belakangan kepayahan di pasar smartphone, bahkan ada kemungkinan mereka akan berhenti berjualan ponsel pintar bila tak juga meraih keuntungan. Maka wajar bila mereka menggenjot pemasukan dari bisnis lain, termasuk aplikasi smartphone Blackberry Messenger.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Aplikasi Smartphone BBM
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif