Jogja
Selasa, 28 Juni 2016 - 07:55 WIB

OPERASI PASAR : Pasar Murah Didominasi PNS, Ini Kata Disperindagkop Bantul

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Antre beras saat Operasi Pasar Murni (OPM) 2015 di Bandung, Kamis (26/2/2015). (Bulog). (Rachman/JIBI/Solopos)

Operasi pasar belum dirasakan rakyat biasa secara maksimal.

Harianjogja.com, BANTUL- Operasi Pasar Murah (OP) digelar serentak di dua lokasi di kompleks Pemkab Bantul. Sayangnya, pasar murah itu lebih banyak dinikmati kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) ketimbang warga Bantul lainnya.

Advertisement

Pedagang keliling, Agus juga membenarkan, pasar murah didominasi kalangan PNS.

“Itu tadi ibu-ibu baru saja pulang enggak kebagian barang lagi karena sudah habis,” tutur Agus. Pasar murah itu berakhir sekitar pukul 10.30 WIB, Senin (27/6/2016)

Disperindagkop Bantul Akui PNS Mendominasi

Staf Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Bantul Safrudin mengakui, banyak PNS menyerbu pasar murah. Meski pasar murah tersebut tidak ditujukan hanya untuk kalangan PNS.

Advertisement

“Kami pasang pengumuman pasar murah di depan Pemkab. Jadi pasar itu terbuka untuk seluruh masyarakat,” tutur Safrudin.

Menurutnya, pasar murah tersebut bertujuan menstabilkan harga barang di pasar jelang Lebaran. Melimpahnya sembako jelang Lebaran diharapkan berdampak pada penurunan harga di pasaran. Pada pasar murah yang digelar Senin, dijual sebanyak 250 kilogram gula pasir di masing-masing outlet seharga Rp12.000 per kilogram. Gula tersebut disediakan oleh PT PPI. Sedangkan Bulog juga menjual gula sebanyak 50 kilogram di Parasamya seharga Rp13.000 per kilogram.

Komoditas lainnya yaitu daging sapi sebanyak 50 kilogram di masing-masing outlet seharga Rp95.000 per kilogram, minyak goreng sebanyak 36 liter seharga Rp12.000 per liter serta bawang merah Rp20.000 per kilogram sebanyak 25 kilogram di masing-masing outlet.

Advertisement

“Rencananya pasar murah ini kembali digelar hari Jumat [1/7/2016] nanti di kantor Pemkab juga,” lanjut Safrudin.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif