Soloraya
Selasa, 28 Juni 2016 - 08:30 WIB

INFO MUDIK 2016 : Dishubkominfo Solo Pasang 39 Kamera CCTV Pantau Arus Mudik

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi speed camera. (eyeview-cctv.com)

Info mudik 2016, Dishubkominfo Solo memasng 39 kamera CCTV.

Solopos.com, SOLO–Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo memasang sebanyak 39 circuit camera television (CCTV) di sejumlah lokasi jalan di Solo. Pemasangan CCTV itu untuk memantau arus lalu lintas selama Lebaran.

Advertisement

Kepala Seksi (Kasi) Rekayasa Lalu Lintas Dishubkominfo Solo, Ari Wibowo, mengatakan pemasangan kamera CCTV dilakukan secara bertahap sampai H-7 harus sudah selesai. Pemasangan kamera CCTV difokuskan di lokasi persimpangan dan daerah rawan macet di Solo.

“Pemasangan CCTV ini sangat penting dilakukan untuk memudahkan memantau dan mengatur lalu lintas ketika terjadi kemacetan di dalam kota,” ujar Ari saat ditemui Solopos.com belum lama ini.

Ari mengatakan pemantauan arus mudik dan balik selama Lebaran dipusatkan melalui room CCTV yang berada di kantor Dishubkominfo Solo lantai I. Dari 39 CCTV yang dipasang empat di antaranya merupakan lokasi baru. Empat lokasi baru tersebut yakni di Tugu Makutha Jl. Adi Sucipto, Tugu Wisnu Manahan, persimpangan Kelurahan Sumber, dan Simpang Tiga Sumber.

Advertisement

“Pemasangan semua kamera CCTV hampir semua selesai dan dalam waktu dekat akan dilakukan uji coba. Kami menargetkan H-7 39 CCTV yang dipasang sudah bisa berfungsi dengan baik,” kata dia.

Ari mengatakan setiap ada penumpukan kendaraan di lokasi rawan macet maka akan segera dilakukan rekayasa lalu lintas dibantu dengan petugas Satlantas Polresta Solo. Rekayasa lalu lalu lintas diperlukan untuk memecah kemacetan agar tidak bertambah parah.

“Kami menyiapkan sejumlah titik jalan alternatif khusus kendaraan roda dua di jalan lingkungan yang ada di kawasan rawan macet seperti Semanggi, Sumber, Pasar Kliwon, Karangasem, dan lainnya,” kata dia.

Advertisement

Sementara itu, Kepala Dishubkominfo Solo, Yosca Herman Soedrajad, mengatakan pemudik mulai memadati jalan di Solo diprediksi terjadi pada H-5. Jalan yang sering di padati pemudik seperti Jl. Slamet Riyadi, Adi Sucipto, dan Yos Sudarso.

“Kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk memperlancar mengatur lalu lintas di Solo selama Lebaran. Harapannya tidak ada kemacetan parah pada Lebaran tahun ini,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif