Jogja
Selasa, 28 Juni 2016 - 00:40 WIB

BENCANA ALAM : BPBD Gunungkidul Pulihkan Jalan Tertimbun Longsor

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tanah longsor di jalur jalan Trenggalek-Ponorogo (JIBI/Solopos/Antara)

Pemulihan dilakukan dengan alat berat supaya cepat selesai.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gunungkidul, sudah memulihkan jalan yang semula tertimbun tanah bukit yang longsor di Dusun Karangpilang Kidul Desa, Rejosari, Kecamatan Semin.

Advertisement

Pemulihan dilakukan dengan alat berat supaya cepat, kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Gunung Kidul Sutaryono di Gunungkidul, Senin (27/6/2016).

Ia mengatakan, dengan mengerahkan alat berat selama dua hari, material bukit setinggi 20 meter lebar 30 meter yang menimpa rumah warga, serta memutus akses jalan antardusun, bisa diatasi.

“Semuanya kini normal kembali. Akses jalan kembali dibuka dan material yang menimpa rumah warga, juga sudah disingkirkan,” kata dia.

Advertisement

Terpisah, Warto Paijan, 65, yang rumahnya hancur tertimpa longsoran bukit, mengaku lega karena material yang sebagian menimbun rumahnya, sudah disingirkan.

“Bahkan sekarang lebih aman. Bukit sudah dikepras sehingga risiko longsor berkurang,” kata dia.

Hal yang sama juga diakui Kades Rejosari Kecamatan Semin, Paliyo yang mengapresiasi langkah cepat BPBD.

Advertisement

“Awalnya kami sempat bingung untuk mengatasi longsor itu. Namun BPBD langsung mengambil langkah cepat sehingga kini semuanya teratasi,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya bahwa akibat hujan deras, bukit setinggi 20 meter yang ada di Dusun Karangpilang Kidul Desa Rejosari Kecamatan Semin, longsor pada Kamis (23/6).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif