Pialaeropa
Senin, 27 Juni 2016 - 02:00 WIB

PIALA EROPA 2016 : Wales Tampil Buruk, Coleman: yang Penting Lolos ke Perempatfinal

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wales lolos ke perempatfinal usai menundukkan Irlandia Utara dengan skor tipis 1-0 saat berlaga di Parc des Princes, Paris, Prancis, Minggu (26/6/2016) dinihari WIB. (JIBI/Reuters/Stephane Mahe)

Piala Eropa 2016 diwarnai dengan lolosnya Wales ke babak perempatfinal.

Solopos.com, PARIS – Wales berhasil memastikan satu tiket ke perempatfinal Piala Eropa 2016. Mereka menyingkirkan Irlandia Utara dengan skor tipis 1-0 di Parc des Princes, Sabtu (25/6/2016).

Advertisement

Meski menang, Wales tak tampil dengan performa terbaiknya. Satu-satunya gol yang lahir di pertandingan itu pun berkat gol bunuh diri Gareth McAuley. Dia salah mengantisipasi umpan Gareth Bale yang akhirnya masuk ke gawang sendiri.

Wales memang tampil mendominasi dengan penguasaan bola 56%. Mereka membuat tujuh attempts, tapi hanya ada satu tembakan yang mengarah ke gawang. Sementara itu, Irlandia Utara melepaskan enam tembakan dengan tiga yang mengarah ke gawang.

Di atas kertas, Wales tentu lebih diunggulkan ketimbang Irlandia Utara mengingat mereka memiliki sejumlah pemain tenar seperti Gareth Bale, Aaron Ramsey, Joe Allen dan Joe Ledley. Tapi nyatanya, mereka tak tampil bagus dan hanya mencatatkan satu tembakan yang mengarah ke gawang sepanjang 90 menit.

Advertisement

Pelatih Wales, Chris Coleman, menyadari timnya memang tak tampil dengan performa terbaiknya. Namun Coleman tak memperdulikan hal itu. Yang terpenting baginya adalah Wales bisa menjejak perempatfinal pada debut di Piala Eropa.

“Ini pertandingan yang buruk, siapa yang akan peduli? Kami lolos ke babak perempatfinal dengan tampil tidak pada performa terbaik. Saat ada keberuntungan yang singgah, kami harus memanfaatkannya,” kata Coleman seperti dilansir Reuters, Minggu (26/6/2016).

“Saya berikan kredit kepada Irlandia Utara. Mereka lawan yang sulit dan menunjukkan kerja keras dalam tiap pertandingan, serta sangat berbahaya,” imbuhnya.

Advertisement

“Mereka mungkin tampil lebih bagus kali ini tapi kami mempunyai poin lebih, yakni pada keberanian. Kami tampil di tengah lapangan dan mempertontonkan sisi lain dari tim kami,” tutur Coleman.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif