Pialaeropa
Senin, 27 Juni 2016 - 03:30 WIB

PIALA EROPA 2016 : Madrid Paling Produktif, Arsenal Jago Assist

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gareth Bale saat membela Wales (Sky Sports)

Piala Eropa 2016 memasuki babak 16 besar.

Solopos.com, PARIS — Real Madrid menjadi klub dengan jumlah pemain yang memiliki produktivitas gol tertinggi di ajang Piala Eropa 2016. Tapi, klub-klub Liga premier Inggris paling mendominasi dalam statistik kunci di turnamen ini. Urusan assist dan tekel, Arsenal paling jago.

Advertisement

Dilansir Dailymail.co.uk, Sabtu (25/6/2016), total 36 laga sudah dilakoni di babak penyisihan. Dari game sebanyak itu tercipta 69 gol yang kemudian meloloskan 16 peserta ke fase knock out. Dari jumlah gol itu yang terbanyak, yakni enam dibikin oleh para penggawa El Real. Ini membikin tim raksasa Liga Primera Spanyol itu jadi top scorer klub sementara di Piala Eropa 2016.

Ketiga pemain itu adalah Gareth Bale yang sudah melesakkan tiga gol untuk Timnas Wales, Cristiano Ronaldo yang membikin dua gol untuk Portugal, dan satu gol Luka Modric bagi Kroasia. Jumlah ini belum dihitung dengan Alvaro Morata yang mencetak gol sama dengan Bale. Hanya, striker Spanyol itu akan bergabung dengan Madrid setelah turnamen rampung sehingga jumlah gol miliknya masih menjadi milik Juventus.

Di posisi klub tersubur kedua dengan torehan tiga gol ada empat, yakni dua tim Turki Bursaspor dan Fenerbahce, dan dua tim Serie A Italia, Juventus serta Inter Milan. Di urutan ketiga dengan dua gol, yakni Arsenal, Barcelona, Everton, Genclerbirligi, Norwich City, Swansea City, Hoffenheim, dan West Ham United.

Advertisement

Sementara itu, Arsenal juara untuk urusan assist dengan jumlah empat. Bintang The Gunners, julukan Arsenal, Aaron Ramsey, membikin dua assist untuk Wales. Sedangkan Mesut Ozil (Jerman) dan Tomas Rosicky (Cheska) masing-masing menyumbang satu assist.

Chelsea ada di urutan kedua dengan tiga assist yang dibikin oleh pemain Belgia Eden Hazard dengan dua assist plus satu assist dari pemain Spanyol Cesc Fabregas. Setelah itu dua assist dibikin oleh para pemain Barcelona, Borussia Dortmund, Fiorentina, Inter Milan, Juventus, dan Real Madrid.

Arsenal juga jago dalam hal tekel, yakni 31. Jumlah ini lebih banyak daripada Tottenham Hotspur (29), dan Bayern Munchen (28). Sedangkan Juventus jadi klub dengan total menit bermain paling banyak, yakni 2.514 menit.

Advertisement

Dalam hal umpan paling banyak, Barcelona memimpin dengan total melepaskan 1.277 operan. Di belakangnya ada Juventus dengan 1.198 operan dan Real Madrid yang pemain-pemainnya melepaskan 1.116 operan. Sementara terkait penciptaan peluang, Bayern Munich berada di posisi teratas dengan 36 kesempatan diciptakan, disusul Manchester City dengan 33 peluang, dan Arsenal (32) serta Barcelona (27).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif